Olahraga

Cetak Para Juara, Pelatih Silat Sumbar Kuasai Sport Science Sistem Identifikasi Bakat

Bukittinggi,

Pembukaan Pelatihan Pelatih Identifikasi Bakat Olahraga bagi Anak Usia Dini angkatan ke-3, yang didominasi para pelatih silat Kota Payakumbuh, pembukaannya dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi yang juga Ketum IPSI Sumbar, Minggu (11//12/2022).

Selain pelatih silat, pesertanya juga ada dari praktis olahraga se-Kota Payakumbuh, bertempat di Grand Rocky Hotel Bukitinggi dari 11 hingga 15 Desember 2022.

Pelatihan Pelatih Identifikasi Bakat Olahraga Bagi Anak Usia Dini tiga angkatan tersebut didanai melalui Dana Pokok Pikiran (Pokir) Ketua DPRD Sumbar Supardi dengan pelaksana Dispora Sumbar.

Pelatihan yang menghadirkan pakar atau ilmuwan internasional Talent Identifikasi (TID) Indonesia Prof. DR. Syahrial Bakhtiar., M.Pd ini dibuka Kabid Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Barat Tasliatul Fuadi, S.Hut.MH dan dihadiri Supardi.

“Kita berharap dari pelatihan ini bisa diaplikasikan ilmu yang diberikan nara sumber. Sehingga kedepannya dapat meningkatkan prestasi khususnya di Cabor Pencak Silat, yang dalam waktu dekat mempersiapkan diri menghadapi Porprov Sumbar 2023,” ucap Fuad.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi, bahwa output dari kegiatan ini adalah sebuah semangat kebersamaan dari peserta dalam menghasilkan atlet-atlet unggul yang direkrut dari anak usia dini.

Direkrutnya atlet dari proses awal anak usia dini melibatkan beberapa komponen, tidak hanya pelatih tapi juga sekolah, dinas, Pengcab dan lain sebagainya, karena sesungguhnya mereka semua mempunyai kepentingan melahirkan atlet atlet tersebut.

“Pelatihan ini adalah sebuah teori untuk bisa mengindentifikasi bakat anak karena bakat sesungguhnya sudah bisa diidentifikasi sejak usia dini 7 tahun,” ujar Supardi.

Lebih lanjut Supardi menambahkan, dari semua peserta itu nantinya sudah bisa mengimplementasikan sport science identifikasi bakat olahraga, sehingga bisa melahirkan bibit unggul khususnya di Cabor silat. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *