Tanah Datar

Bupati Eka Putra : Jaga Kerukunan dan Sinergi Pemkab dan Kemenag

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 tahun 2023 menjadi pendorong lahirnya Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Setiap tanggal 3 Januari adalah Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama.

Di kabupaten Tanah Datar digelar upacara bendera yang dipimpin oleh Bupati Eka Putra dalam rangka memperingati HAB, dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu, Forkopimda, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Kepala Kemenag Tanah Datar beserta jajaran, Sekda beserta pejabat eselon 2 Pemda Kabupaten Tanah Datar dan peserta upacara.

Bupati Eka Putra dalam arahannya mengatakan Pemkab Tanah Datar mengucapkan selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-77.

“Mudah-mudahan ke depan dan di tahun 2023, sinergi antara Pemda dan Kemenag semakin meningkat, dan selamat bertugas,” kata Bupati Eka Putra.

Lebih lanjut disampaikan Eka Putra saat membacakan sambutan Menag RI, mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk meningkatkan keikhlasan mengabdi dan melayani masyarakat, menjadikan peringatan hari ini sekaligus penanda sejarah panjang sebagai pengabdian Kemenag dalam melayani semua umat beragama di Indonesia.

“Alhamdulillah Kementerian Agama secara bertahap mengubah birokrasinya menjadi lebih gesit dan responsif, dan transformasi digital telah terjadi, salah satunya dengan munculnya aplikasi layanan Kementerian Agama berbagai inovasi digital terus dilakukan. bergerak dari pusat ke daerah pembangunan berusaha meningkatkan kualitas dan pendekatan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tahun ini Kementerian Agama mencanangkan tagline Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.dimana kerukunan kerap menguji kita, apalagi jelang pemilu 2024. Padahal, kerukunan merupakan prasyarat bagi pembangunan nasional, yang hanya dapat dicapai dengan kerukunan dan perdamaian sosial.

Bupati mengatakan, dalam menghadapi tahun politik, Menag juga mengingatkan bahwa tempat ibadah yang saat ini digunakan sebagai tempat kampanye sudah mulai menggunakan politik identitas jelang pemilu dan hal ini harus diwaspadai dan dimoderasi agar tidak merusak keharmonisan umat.

“Bagi seluruh ASN, Kemenag harus menjadi pengikat kerukunan dan persaudaraan serta memastikan kerukunan umat menuju Indonesia Hebat,” pesannya.

Seusai upacara juga diserahkan penghargaan atas prestasi jajaran kemenag Tanah Datar dan satya lencana karya satia dari presiden atas pengabdian selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Bupati Eka Putra juga sampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Kementerian Agama. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *