Di Peringatan Peristiwa Situjuh, Irfendi Arbi Berbaur Dengan Ninik Mamak Situjuh Limo Nagari, Begini Pesannya

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Peringatan Peristiwa Situjuh ke 74 tahun berlangsung dengan hikmat dan semarak, Minggu (15/01/2023) di Lapangan hijau Chatib Sulaiman, Nagari Situjuh Batur, Kecamatan Situjuh Limo Nagari.

Upacara peringatan ke 74 tahun ini diselenggarakan Pemprov Sumbar dan Pemerintahan Nagari Situjuh Batua. Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah langsung menghadiri kegiatan heroik ini dengan memboyong pejabat utama provinsi.

Ditengah tengan banyaknya yang hadir pejabat provinsi dan Kabupaten Limapuluh Kota serta tokoh masyrarakat dan keluarga pejuang yang gugur di Lurah Kuncia tahun 1949 itu, kiranya di saat itu juga hadir Ir. Irfendi Arbi, MP Bupati Kabupaten Limapuluh Kota priode 2016-2021.

Selesai upacara, terlihat Irfendi berbaur dengan masyarakat dan ninik mamak Kecamatan Sutujuh Limo Nagari yang juga ikut menghadiri kegiatan ini.

Pada kesempatan itu putra Nagari Koto Tangah Simalanggang tersebut berpesan kepada ninik mamak agar menyampaikan kepada anak kemenakannya tentang makna Peristiwa Situjuh ini. “Mari kita estafetkan kepada anak kemenajan kita nilai-nilai heroik yang terkandung dari Peristiwa Situjuh ini,” pesan Irfendi.

Perjuangan pahlawan tempo dulu dalam rangka mempertahankan kemerdekaan RI, tidak bisa dinilai dengan materi, sebut Irfendi yang juga penasehat SMSI(Serikat Media Siber Indonesia) Luak 50.

Orang yang paling dekat dengan anak kemenakan adalah ninik mamak. Sebagai seorang figur yang di dahulukan selangkah, dan ditinggikan seranting, pesan dan nasehat ninik mamak jelas akan didengar oleh anak kemenakan, sebut Irfendi Arbi yang sekarang tengah digadang gadangkan sebagai bakal calon anggota DPD (Dewan Peewakilan Daerah) RI.

“Itulah harapan dan pesan saya kepada ninik mamak di Kecamatan Situjuah Limo Nagari ini. Sebagai anak dari seorang tentera, saya sangat sangat menghormati sekali perjuangan pendahulu kita yang telah rela mengorbankan jiwa raganya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekan RI yang sama-sama kita cintai ini,” pungkasnya. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *