Pasaman

Wali Nagari Panti Dilantik, Benny Utama : Anggaran Dikelola Transparan dan Hindari Korupsi

Lubuk Sikaping, PilarbangsaNews

Bupati Pasaman H. Benny Utama melantik Wali Nagari Panti periode 2023-2029 Novri Andila Syafri Siregar, ST di Kecamatan Panti, Jum’at (27/01/2023).

Pelantikan Wali Nagari ini tertunda sehingga tidak bersama dengan 33 Wali Nagari yang dilantik tanggal 12 Desember 2022 lalu, karena masa jabatan Wali Nagari sebelumnya baru berakhir pada 19 Januari 2023.

Bupati Benny Utama secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Wali Nagari Panti.

Benny Utama menyebutkan dihadapan ninik mamak, hatobangan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Panti adalah nagari yang heterogen di Kabupaten Pasaman karena Nagari Panti mempunyai keberagaman etnis budaya dan agama.

“Tadi kita saksikan bersama dalam kegiatan ditampilkan budaya dua etnis yaitu Minangkabau dan Tapanuli dengan tari pasambahan serta tari tor-tor,” ucap Benny Utama yang digadang-gadang akan maju ke DPR RI pada Pileg 2024.

Ia juga mengajak Wali Nagari terpilih tidak hanyut dalam euforia kemenangan saja, akan tetapi untuk segera yang melaksanakan tugas yang disesuaikan dengan RPJM Nagari.

Kemudian, Bupati Pasaman menekankan kepada Wali Nagari terpilih, pertama segera lakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat, dan tidak boleh membeda – bedakan antara yang memilih atau tidak, kedua laksanakan anggaran dana nagari dengan baik dan transparan serta hindari korupsi.

Selanjutnya, bermitralah dengan dengan Bamus, untuk kemajuan dan pembangunan nagari, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Keempat, berdayakan PKK nagari agar para perempuan di nagari dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan pemerintah nagari.

Kelima, jadilah pemimpin nagari yang inovatif, yang akan membawa perubahan nagari menjadi lebih baik dan bermartabat dalam kurun waktu 6 tahun kedepan.

Keenam, diera keterbukaan informasi saat ini, Wali Nagari tidak boleh risih terhadap keluhan pertanyaan warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan nagari dan ketujuh, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada camat, apabila terdapat permasalahan di nagari ataupun hal – hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut.

Dalam acara pelantikan Wali Nagari Panti tersebut turut hadir Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Anggota DPRD Sumbar Khairuddin Simanjuntak, Kepala OPD, Forkopimca dan tokoh masyarakat setempat. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *