Pendidikan

Direktur KSKK Madrasah : Jangan Munculkan Soal Asesmen Madrasah Kontraproduktif

Padang, PilarbangsaNews

Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Moh. Ishom mengingatkan guru-guru yang terlibat dalam pembuatan soal Asesmen Madrasah tahun pelajaran 2022/2023 tidak memunculkan soal-soal yang kontraproduktif.

“Soal-soal yang diujikan kepada anak-anak jangan memunculkan hal-hal yang kontraproduktif,” kata Moh. Ishom, saat membuka Sosialisasi Standar Operasional Prosedur dan Bimbingan Teknis Instrumen Asesmen Madrasah tahun pelajaran 2022/2023, Senin (20/02/2023) secara zoom meeting.

Moh. Ishom mengatakan, sesuatu yang sudah menjadi konsensus (kesepakatan) bersama, seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, termasuk persoalan dalam agama, tidak perlu dipersoalkan lagi.

“Butir-butir dalam soal tidak hanya mengecoh dengan logika dan kata tapi ingat, jangan sampai merubah pemikiran dan estetika (akhlak) siswa,” sambung profesor bidang pendidikan ini.

Moh. Ishom mengajak peserta bimtek Asesmen Madrasah agar membuat soal sesuai dengan situasi dan kondisi serta semangat perkembangan zaman. Disamping soal harus up to date, juga harus bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.

Perlu diketahui, puluhan civitas MAN 2 Padang mengikuti pembukaan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Bimbingan Teknis (bimtek) Instrumen Asesmen Madrasah di Aula Abu Bakar Shiddiq, Senin (20/02/2023).

Nampak hadir dalam sosialisasi tersebut, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kota Padang, Farhan Furqani, kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi, para kepala madrasah, sejumlah wakil kepala, diantaranya, waka akademik, Yuliasman, sarana Jonismen, tim kurikulum dan IT.

Sosialisasi SOP dan Bimtek Asesmen Madrasah yang digelar secara serentak se-nusantara ini, diselenggarakan Direktorat KSKK madrasah RI dan berlangsung dari 20 hingga 23 Februari 2023 melalui zoom meeting dan live streaming YouTube. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *