.

Ikut Tim Kemanusiaan ke Turki, Pantas Indonesia Balas Jasa (4)

Laporan; Dr Budhi Mulyadi, S.Kp. M.Kep.Ns.Sp.Kep.Kom. Dt Bandaro Sati.

Sebaiknya baca dulu laporan (3) dengan cara klik link dibawah ini;

Ikut Tim Kemanusiaan ke Turki, Tak Ada Perbedaan Anggota Tim Kompak (3)

Satu kompi tentara Turki setiap hari 24 jam bergantian berjaga-jaga dilokasi tenda Rumah Sakit Lapangan dan tenda Tim Kemanusiaan dari Indonesia di Distrik Hassa Provinsi Hatay ini.

Personil tentara itu bersenjata lengkap ditambah 1 unit Panser. Saya sendiri tidak tahu alasan yang konkrit kenapa pemerintah Turki menempatkan tentaranya begitu banyak dilokasi tenda Tim kemanusiaan dari Indonesia itu.

Foto bersama dengan tentara Turki yang bersenjatakan laras panjang, tengah Kolonel TNI AD dr Didi, SpOT (K)

Apakah Turki tidak aman? Atau apakah ada hubungan dengan informasi yang disampaikan oleh perwakilan Tentara yang datang ke tenda kami tadi siang sekitar pukul 14:15 waktu setempat.

Kedatangan perwakilan Pimpinan Tentara itu membangun Koordinasi terkait keamanan.

Tentara Turki berkomitmen akan menjaga Keamanan area Lokasi RS Lapangan.
Apabila ada diantara anggota Tim kami yang ingin berinteraksi dengan masyarakat sekitar, disarankan oleh perwakilan Tentara agar dapat menghubungi personil Tentara lebih dahulu untuk mendampingi. Tentara Melalui Penerjemah lebih mengerti karakteristik masyarakat sekitar.

Teşekkür ederim

Walapun kami disarankan apabila berinteraksi dengan warga membawa tentara, namun kenyataannya saya menemukan warga di Distrik Hassa ini terbilang ramah.

Bahasa yang sering terucap dari mulut warga Turki saat berpapasan dengan kami adalah kalimat Teşekkür ederim artinya Terima Kasih.

Setiap ketemu di jalan di mobil ,tua muda menyapa dengan ramah, dan mengucapkan Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh, lalu ucapan
Teşekkür ederim

Turki memang sudah lama bersahabat baik dengan Indonesia, sejak 1453 kesultanan Turki Ottoman berkuasa hingga 1923 membantu pendirian kerajaan Islam di Indonesia, salah satu yang bertahan adalah kesultanan Yogyakarta
Sampai hari ini masih tersimpan di museum Keraton Yogyakarta bukti dukungan Turki Ottoman. Bahkan hingga sekarang Turki selalu pertama datang saat Indonesia tertimpa bencana ,di Aceh, Lombok, Palu, dll.

Sudah sepantasnya Indonesia balas jasa kebaikan Turki.

Bersambung ke laporan (5) klik link dibawah ini;

Ikut Tim Kemanusiaan ke Turki, RS Lapangan Indonesia Lakukan Tindakan Medis Operatif (5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *