.

Hari Pertama Ramadhan, Bupati Eka Putra Lakukan Monitoring Persediaan dan Harga Bahan Pokok

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Hari pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi, Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Forkopimda dan tim memantau langsung harga pasar di Pasar Serikat C Batusangkar, Kamis (23/03/2023).

Dalam monitoring itu, Bupati Eka Putra meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, gula,cabai merah, bawang, tomat dan komoditi lainnya.

“Alhamdulillah ketersediaan bahan pokok cukup banyak dan harga masih relatif stabil, belum ada yang mengalami kenaikan besar, misalnya telur harganya Rp48 ribu sampai Rp 50 ribuan satu papan.Beras juga di harga Rp12 ribu sampai Rp16 ribu per kilogramnya,” kata Eka.

Eka mengatakan lagi untuk mengurangi beban masyarakat Pemerintah Daerah juga melaksanakan operasi pasar berupa pasar sembako murah melalui dinas terkait.

“Operasi sembako murah kita dari pukul 9.30 WIB sampai dengan sore ini,menjual beras, minyak goreng, telur, bawang merah, cabe merah, gula pasir, dan lainnya.Alhamdulillah berjalan lancar dan hampir seluruh yang kita jual habis dibeli masyarakat, karena memang harganya jauh lebih murah dari harga di pasaran,” sampainya.

Melihat antusiasme dan kebutuhan masyarakat, Eka Putra pun mengatakan akan melakukan operasi pasar menjelang lebaran Idul Fitri sama seperti hari ini.

“Insya Allah,operasi pasar ini akan kita adakan lagi sebelum lebaran sehingga turut membantu masyarakat kita untuk menyambut lebaran nanti,” ucapnya.

Di kesempatan itu, Bupati Eka juga menghimbau masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penimbunan bahan pokok.

“Jika ada oknum-oknum yang menimbun barang kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing, termasuk juga para pedagang, diharapkan masyarakat juga mengawasi dan melaporkan dengan data yang lengkap dan valid untuk mengecek kondisi barang dagangannya, apakah masih layak konsumsi atau sudah kadaluarsa,” tegasnya.

H. Darius Alwi pemilik distributor dan gudang bahan pokok Kurnia Baru, mengatakan dalam kunjungan Bupati bersama Forkopimda dan rombongan menyampaikan bahan pokok yang ada di gudangnya relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Insya Allah minyak goreng, gula pasir, tepung, susu dan kebutuhan lainnya di gudang kami cukup. Apalagi minyak goreng curah yang saat ini sedang kosong, namun esok sudah datang yang baru lagi,” ujarnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *