.

Tim Safari Ramadhan Gubernur Sumbar Kunjungi Mesjid Jamik Bukittinggi

Bukittinggi, PilarbangsaNews

Suasana silaturahmi dan kehangatan terekam dalam rangkaian kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar yang dipimpin oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat berbuka puasa, shalat Maghrib, Isya dan Tarawih Bersama di Masjid Jamik, Mandiangin, Kota Bukittinggi, Kamis (30/3/2023).

Kedatangan Gubernur Mahlyedi Ansharullah dan rombongan Tim Safari Ramadhan Provinsi disambut oleh Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi Maad, Forkopimda, Pengurus Mesjid dan jemaah yang tampak antusias ingin bersilaturahmi dengan Gubernur.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, bahwa Kota Bukittinggi sektor pariwisatanya sangat menonjol. Peluang itu harus terus dikembangkan sampai nantinya menjadi berkelas dunia. Salah satu caranya adalah dengan pariwisata yang didukung oleh budaya dan kearifan lokal.

“Untuk mencapai itu, masyarakat tidak perlu merubah gaya hidupnya menjadi kebarat-baratan, tetapi cukup dengan menjalankan tatanan kehidupan berlandaskan adat budaya Minangkabau secara baik dan terus melahirkan UMKM baru berbasis kearifan lokal. Pariwisata itu memerlukan keunikan dan budaya Minangkabau itu kaya keunikan dan kearifan lokalnya yang memiliki nilai jual dimata para wisatawan, mulai dari kerajinan, kuliner sampai kepada seni tradisi,” jelas Gubernur Mahyeldi.

Gubernur dan Tim Safari Ramadhan Provinsi berbuka puasa di Mesjid Jamik Bukittinggi

Dalam rangka mensukseskan pariwisata, maka Pemprov. Sumbar telah mencanangkan tahun 2023 sebagai tahun kunjungan pariwisata ke Sumbar dengan tagline “Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023”. Program ini menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 8,2 juta dari domestik dan internasional. Untuk itu, Pemprov telah menyiapkan 85 iven mendukung VBWS 2023.

Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi H. Marfendi Maad mengatakan, sangat berterimakasih kepada Gubernur karena telah memilih Mesjid Jamik untuk tujuan Safari Ramadhan, bahkan luar biasanya juga langsung berbuka puasa di mesjid yang sedang dalam pembangunan ini.

“Pembangunan masjid ini baru berjalan 16 bulan tapi sudah mencapai tingkat tiga, dan telah menghabiskan dana sebesar Rp8 miliar. Pemko Bukittinggi tahun 2023 ini ikut membantu pembangunan,” kata Wakil Walikota Marfendi.

Sebagai Ketua Tim Safari Ramadhan Provinsi, Gubernur Mahyeldi menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumbar berupa uang sebesar Rp50 juta untuk pembangunan Masjid Jamik dan kemudian diikuti oleh PT. Semen Padang membantu sebesar Rp15 juta serta Bank Nagari membantu sebesar Rp5 juta.

Sejumlah OPD Pemprov Sumbar yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan ini juga menyerahkan bantuan, diantaranya Dinas BMCKTR sebesar Rp1 juta ditambah Al-Qur’an dan kain sarung, Biro Adpim Setda Provinsi Sumbar sebesar Rp1 juta, Dinas Pendidikan sebesar Rp2 juta, Dinas PMD Sumbar membantu berupa Al-Qur’an, Dinas Kesehatan membantu berupa makanan bayi dan ibu hamil.

Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Gubernur Sumbar terdiri dari Kakanwil Kemenag Sumbar, Asisten Adminstrasi Umum, Dirut Bank Nagari, Dirut Semen Padang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Amasrul, SH., Kadis Sosial, Kadis Perkimtan, Kadis BMCKTR, Kepala Biro Adpim Drs. Maifrizon, M.Si., Kadis Pendidikan, Kabiro Umum Setdaprov, Kabid Pemnag Dinas PMD Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si., Kabag Bina Mental Spritual Setdaprov Sumbar, Kasubag Umkep DPMD Adi Pondra, S.Pd dan penceramah H. Muhammad Ridho Nur, Lc.MA. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *