Pessel

Perangkat Nagari Gembira, Perbup Pessel Tentang Pembagian ADN Ditandatangani Bupati

Painan, PilarbangsaNews.com, —
Peraturan Bupati (Perbub) Pesisir Selatan yang terkait dengan pengaturan ADN (Anggaran Dana Nagari) telah ditandatangani oleh Bupati Rusma Yul Anwar pada tanggal 31 Maret 2023 dan pada hari itu juga langsung diundangkan oleh Sekdakab Pesisir Selatan Mawardi Roska S.IP sehingga dapat sebagai rujukan bagi Pemerintah Nagari dalam menyusun APB Nagari masing masing.

Ada 5 Perbub dilahirkan oleh Pemkab Pesisir Selatan masing-masing;
1. Perbup No 14 tahun 2023 tentang Pengalokasian dan Pembagian ADN Tahun 2023.
2. Perbup no 15 tahun 2023 tentang Penghasilan Tetap dan Tunjangan Walinagari, Perangkat Nagari serta tunjangan kedudukan Bamus Nagari.

3. Perbup no 16 tahun 2023 tentang Tata Cara Pengalokasian Alokasi Dana Nagari dan Tata Cara Penyaluran Alokasi Dana Nagari.

4. Perbup no 17 tahun 2023 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Setiap Nagari Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023.

Ke 5 adalah Perbup no 133 tahun 2022 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Setiap Nagari Yang Bersumber dari APBD Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2023, ditetapkan tanggal 30 Desember 2022.

Dengan ditandatanganinya perbup tersebut diatas tidak ada lagi alasan bagi setiap nagari di daerah itu bisa menunda-nunda pembuatan Rancangan APB Nagari, sebagai prasyarat untuk mendapatkan suntikan dana yang bersumber dari APBN.

Baca Berita Terkait;

Perangkat Pemerintah Nagari di Pessel Tak Perlu “Maratok”, Menjelang Hari Raya InsyaAllah Gaji Cair

KETUA PPDI PUAS

Ketua PPDI Perwakilan Pesisir Selatan, Epi Syofyan SH MH menyatakan puas dengan telah ditandatanganinya Perbub tersebut. Dia mengatakan, Pemkab Pesisir Selatan, telah menepati janjinya, yakni mengalokasikan 10% DAU yang diterima Pesisir Selatan untuk Anggaran Dana Nagari ( ADN)

“Apakah sebelumnya muncul keraguan anda bahwa Pemkab Pesisir Selatan tidak akan segera melahirkan Perbub itu?” tanya PilarbangsaNews.com. Dijawab iya oleh Epi Syofyan.

Keraguan itu muncul, menurut Epi Syofyan, karena mereka (Pemkab Pessel-red) berbeda-beda menyampaikan soal pembagian dana DAU tersebut.

“Ucapan mereka tidak sama satu sama lainnya. Kepala BPKAD bilang begitu, bupati bilang begini, kata DPMD begana pula. Jadinya kami bingung, ” tutur Epi.

Walupun begitu Epi menyatakan dirinya puas setelah Bupati menandatangani beberapa Perbub yang mengatur dana anggaran Nagari.

“Dengan ditandai tangani Perbub itu, tentu kita akan kembali beraktifitas seperti biasa, ” tambah Epi.

Tapi ada satu lagi janji Pemkab, yang perlu segera direalisir yaitu mencairkan dana siltap dan tunjungan perangkat Nagari awal bulan April ini. Kita lihat Senin ini bagaimana ceritanya,

Seperti yang diberitakan media ini, Sekda Pesisir Selatan memerintahkan DPMD untuk membuat telaah staf yang akan diajukan ke bupati untuk membayar siltap dan tunjangan perangkat Nagari kalau tidak dapat cair untuk bulan Januari S/d April setidaknya sampai bulan Maret atau 3 bulan.

DANA SEGAR ADA

“Kalau sudah siap telaah staf, hari Senin besok (hari ini maksudnya tanggal 3/4/2023-red) lansung kita serahkan ke pak bupati untuk disetujui. Setelah disetujui tentu dananya sudah bisa ditransfer ke kas Nagari masing-masing. InshaAllah kalau tidak dalam pekan ini, pekan depan tuntas, ” kata Sekdakab Pesisir Selatan menjawab pilarbangsaNews.com Minggu malam (2/4/2023).

” Ini ada rumor yang mengatakan Pemkab Pesisir tidak punya dana untuk membayar gaji dan tunjangan Perangkat Pemerintahan Nagari. Apa benar itu?” tanya PilarbangsaNews.com.

Dijawab oleh Mawardi Roska; namanya rumor sering tidak benar. Tapi yang jelas dana DAU yang diarahkan tahap 1 (bidang pendidikan, kesehatan dan ke PU an) sudah ditransfer pusat ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Saat ini semua proyek sedang dalam proses tender. Belum banyak kontraktor yang ambil uang muko, jadi kita masih punya dana segar di Kas, ” ucap Mawardi Roska.

TERIMA KASIH PAK BUPATI

Salah seorang walinagari di mengucapkan terima kasih kepada bupati Rusma Yul Anwar, yang dinilainya cepat tanggap menyikapi gonjang-ganjing terkait dana ADD.

“Saya sebagai walinagari beserta perangkat dan bamus nagari juga berharap agar telaah staf untuk mencairkan dana siltap dan tunjangan perangkat pemerintahan Nagari disetujuai oleh pak bupati, sehingga kami bisa bergembira menyambut hari raya Idul Fitri nantinya, ” kata Walinagari yang minta namanya tidak ditulis dalam berita ini.

Walinagari ini malu ditulis namanya, menurut dia, takut mendapat cibiran dari pihak yang tak suka mendengar jika ada orang yang memberikan pujian kepada Bupati Rusma Yul Anwar.

Mohon jangan ditulis ya pak, pinta walinagari tersebut berkali kali dan Redaksi pilarbangsaNews.com. wajib mengindahkan permintaan tersebut. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *