Tanah Datar

Bupati Eka Putra di Koto Baru, Ajak Masyarakat Manfaatkan Progul Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Malam kedua Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengunjungi Masjid Muslim Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Tarab, Sabtu (8/4/2023).

Bupati yang didampingi anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kepala BPBD Yusnen, Kadis Kominfo Yusrizal, Sekretaris Dinas PMDPPKB Ronal Satria, Sekretaris Koperindag Poppy Azis, Kabag AP Ten Feri, Kabid Trantibum Syaiful Anwar, Plt.Camat Sungai Tarab Sri Handayani, Forkopimca, KAN dan BPRN Koto Baru.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Koto Baru Harmadi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar atas kunjungan ke masjid di Nagarinya bersama TSR khusus.

“Jujur kami memperoleh kejutan dan berkah dengan kedatangan pak Bupati dan rombongan karena selama kurang lebih 10 tahun masjid kami belum pernah dikunjungi TSR, baik Kabupaten ataupun Provinsi,” ucapnya.

Harmadi juga menyampaikan terima kasihnya atas terselenggaranya Program Bajak Sawah Gratis yang sudah dinikmati masyarakat di Nagari Koto Baru.

“Nagari kami yang berjarak sekitar 17 km dari Kantor Bupati dan 8 km dari Kantor Camat dan berada di pinggang Gunung Merapi, beberapa masyarakat sudah menikmati Program Bajak Sawah Gratis, tapi kita juga berharap ada program lainnya yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami,” harapnya.

Harmadi mengatakan Nagari Koto Baru memiliki potensi besar untuk menanam sayuran karena cuacanya yang relatif dingin. Bahkan disana terdapat potensi wisata bernama Air Terjun Duo Bidadari.

“Masyarakat kami bertanam cabai, tomat, dan sayuran lainnya, juga banyak pohon kulit manis, bahkan ada yang beternak kambing dan sapi. Tentunya dengan potensi ini kami juga minta ada program atau bantuan untuk masyarakat kami pak, termasuk untuk program pengembangan pariwisata,” katanya.

Terakhir, Harmadi menyampaikan bahwa masyarakat Nagari Koto Baru masih mempertahankan dan menjaga semangat gotong royong untuk membangun nagari.

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengungkapkan, melalui kelompok safari momentum Ramadan dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan mendapatkan informasi pembangunan yang dibutuhkan masyarakat.

“Alhamdulillah hal seperti kunjungan malam inilah yang ingin kita capai, karena dengan mengunjungi masjid yang sudah lama tidak dikunjungi, silaturahmi dan kebutuhan masyarakat bisa diketahui, semoga silaturrahmi terjalin, dan bantuan yang diberikan bermanfaat dan barokah,” ujarnya.

Namun,tambah Bupati, Tanah Datar sebenarnya telah mencanangkan berbagai program inovasi yang semuanya bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

“Seperti yang dikatakan pak wali kita ada Program Bajak Gratis. Kemudian juga ada program Asuransi Tani dan Asuransi Padi untuk melindungi petani dari musibah hama atau gagal panen dan peternak yang sapinya mati karena penyakit, kecelakaan atau sebab lain. Juga ada Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah untuk menciptakan generasi muda yang handal beriman kepada Allah SWT dalam menyongsong HUT Emas RI 2045. juga ada Satu Nagari Satu Event untuk menarik wisatawan berkunjung ke nagari yang juga diharapkan juga bisa memunculkan kembali kuliner, adat dan budaya nagari yang sekiranya sudah lama terpendam. Dan tak kalah pentingnya kita punya Program Makan Rendang yakni Maksimalkan Pemberantasan rentenir agar hilang di Tanah Datar. Program ini berupa pinjaman modal usaha maksimal Rp10 juta hanya dengan biaya administrasi 1,5%,” jelasnya.

Terakhir Bupati Eka Putra berharap dan menghimbau seluruh masyarakat untuk memanfaatkan secara maksimal program yang telah diluncurkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Manfaatkanlah semua dengan maksimal, kalau kurang tahu atau mengerti, silahkan bertanya kepada Wali Nagari atau ke kantor Kecamatan,” tukasnya.

Selepas itu Bupati Eka Putra menyerahkan bantuan untuk masjid Rp10 juta, buku bacaan keagamaan dan bantuan berbuka puasa, dan dilanjutkan dengan tausyiah dari Ustad Andri Dt. Maliputi Alam. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *