Film

Wagubri Hadiri Gala Premiere Film Buya Hamka

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution bersama dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Pekanbaru Prof. DR. H. Akbarizan, M.A, M.Pd dan didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Drs. H. Syahrul Mauludi, MA menyaksikan gala premier Film Buya Hamka di Bioskop Cinema XXI Mall SKA Pekanbaru.

Walau tidak sampai usai menonton, Wagubri menyimpulkan bahwa dalam film Buya Hamka merupakan gambaran kehidupan anak muda yang berjuang terus meninggikan syariat islam melalui organisasi besar yakni Muhammadiyah.

Selain itu Hamka muda dalam cerita film tersebut menurut Wagubri juga memiliki ketegaran jiwa dalam mempertahankan agama islam ditengah penjajah kolonial Belanda pada masanya.

“Beliau (Hamka, red) sebagai tokoh agama sangat memperjuangkan organisasi Muhammadiyah sangat luar biasa, dan tidak dimiliki oleh semua orang. Tidak ada suatu kekhawatiran beliau dalam berjuang walaupun dalam tekanan dari berbagai pihak, dan hal ini patut kita dijadikan contoh bagi generasi muda islam secara keseluruhan,” ujar Wagubri.

“Maka oleh karena itu Film Buya Hamka ini merupakan sangat layak untuk ditonton oleh generasi islam Indonesia khususnya di Provinsi Riau. Kita berharap Film tokoh besar ulama Indonesia ini bisa menjadi wujud kerukunan antar umat ditengah situasi dan kondisi saat ini,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua MUI kota Pekanbaru Prof. DR. H. Akbarizan, M.A, M.Pd menggambarkan Film Buya Hamka sangat luar biasa dalam memperjuangkan agama islam sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dengan menghadapi berbagai dinamika permasalahan hidup.

“Saya mengajak kepada seluruh anak bangsa agar bisa menyempatkan waktu untuk menonton film tentang perjuangan buya Hamka, karena didalamnya juga tersimpan pesan moral terhadap kita semua untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujar Prof. Akbarizan.

Ditempat yang sama, Kakan Kemenag kota Pekanbaru Drs. H. Syahrul Mauludi, MA juga menyampaikan bahwa Film Buya Hamka ini sangat inspiratif yang memberikan semangat bagi kita dalam menumbuhkan sikap berjuang.

“Perjuangan itu tentunya menyesuaikan situasi dan kondisi, kita lihat bersama dalam film tersebut ketika buya hamka bagaimana menyelesaikan bangsa ini dari penjajahan Belanda dan Jepang. Namun, pada saat ini perjuangan kita bisa aplikasikan untuk bisa memajukan bangsa Indonesia jauh lebih maju di era globalisasi, sehingga akan menjadi contoh ditingkat internasional kedepannya,” singkat Syahrul Maulidi.

Untuk diketahui, Vino G Bastian yang memerankan Buya Hamka, film ini juga dibintangi Laudya Chintya Bella, Donny Damara, Anjasmara, Reza Rahardian, dan berbagai nama pelakon papan atas lainnya seperti Ayu Laksmi, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *