Dharmasraya

DLH Dharmasraya Responsif Terhadap Kondisi Sampah

Dharmasraya, PilarbangsaNews – Responsif Dinas Lingkungan Hidup terhadap persampahan di wilayah Kabupaten Dharmasraya patut diapresiasi. DLH cepat tanggap terhadap laporan dan kritikan masyarakat. Pihak DLH berkeliling Dharmasraya untuk memastikan lingkungan bersih dari sampah yang berserakan.

“Selesai meninjau objek pengaduan masyarakat di Nagari Gunung Medan, saya bersama PJU Dinas LH meluncur ke Nagari Sungai Rumbai untuk memantau kondisi persampahan disana pasca lebaran. Maklumlah, hal persampahan di luar ibukota, pengelolaannya dilaksanakan oleh nagari bersama masyarakat setempat,” ungkap Kepala DLH Dharmasraya, Budi Waluyo, Rabu (3/5/2023).

Lanjut mantan wartawan ini, sebelumnya pada hari pertama kerja usai cuti lebaran pihaknya menanggapi laporan dan kritikan masyarakat dengan membersihkan sejumlah titik pembuangan sampah di wilayah Kecamatan Pulau Punjung. Selanjutnya menyasar ke wilayah lainnya.

”Di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai saya bertemu dengan Sekretaris Nagari Sungai Rumbai, Yuli. Kepada Yuli saya melakukan konfirmasi terkait banyaknya sampah yang belum terbersihkan pasca lebaran. Yuli mengakui memang ada sampah yang masih belum dibersihkan, namun volumenya kecil. Yuli mengatakan sampah yang terpantau oleh saya bukan semata mata sampah dari Nagari Sungai Rumbai, tapi juga sampah nagari lain. Soal keterlambatan penanganan sampah lebaran, dia idak mau bercerita. Dia hanya tersenyum simpul. Namun saya paham apa yang dimaksudnya,” terang Budi.

Budi berkesimpulan, masalah manajemen pengelolaan sampah di Sungai Rumbai dan Sungai Rumai Timur segera harus diberdayakan. Sebab persoalan sampah, kian hari kian bertambah berat.

”Supaya tidak terus jadi persoalan, sebelumnya saya sudah minta pak camat Sungai Rumbai Afrizal Bakri untuk memfasilitasi dialog DLH dengan dua walinagari di Sungai Rumbai. Ini akan menjadi bagian dari penuntasan sampah disana. Semoga persoalan sampah di Sungai Rumbai segera tuntas. Mohon dukungan semua pihak,” pungkasnya. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *