Dharmasraya

Bupati Sutan Riska Dukung Penyuluh Pertanian Raih Satya Lencana Dari Presiden RI

Dharmasraya, PilarbangsaNews – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dibawah Kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, satu langkah lagi akan membuat sejarah baru dengan mengantarkan salah satu Aparatus Sipil Negara ( ASN ) nya mendapatkan Penghargaan tertinggi Satya lencana dari Presiden Republik Indonesia yang akan langsung di serahkan oleh Presiden Joko Widodo pada acara Pekan Nasional Tani ( Penas ) di pada pada bulan Juni tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Darisman SSI MM ketika mendampingi Ketua Tim Setmilpres Dwi Daryanto, S,I,P, MM bersama rombongan, Jumat (5/5) di Aula Kantor Bupati Dharmasraya.
Dikatakan Darisman, bahwa Calon Penerima Satya lencana adalah seorang ASN yang bertugas sebagai Penyuluh di Dinas Pertanian Dharmasraya yang lolos mengikuti Penilaian ini merupakan penyuluh teladan I tingkat Propinsi Sumatera Barat dan diajukan sebagai penyuluh teladan Tingkat Nasional. Lebih lanjut Darisman menjelaskan, usulan Satya Lencana ini mungkin baru pertama dan satu-satunya ASN di Dharmasraya dan bisa jadi ASN Propinsi Sumatera Barat yang memperolehnya.

“Kita sudah mengusulkan nama ini beberapa tahun lalu, Alhamdulilah akhirnya Kabupaten Dharmasraya masuk nominasi dari 11 Kabupaten Se Indonesia dibidang Penyuluh dan satu – satu nya Kabupaten di Sumatera Barat di bidang Penyuluh Pertanian” Ucapnya.

Lanjutnya, Sesuai arahan dari Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan agar Penilaian ini bisa berjalan dengan baik, tonjolkan produk Pertanian yang terbaik karena saat ini Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Jokowi telah menginstruksikan tentang Ketahanan pangan.

‘Ini bentuk keseriusan Kabupaten Dharmasraya dalam mensejahterakan masyarakat melalui Pertanian, karena selama ini Pemerintah Kabupaten Dharmasraya selalu memprioritaskan masalah Pertanian, baik berupa Alsintan maupun Irigasi ” jelasnya.

Terkait dengan Penilaian ini, Kegiatan Diwali dengan Presentasi oleh calon Penerima Satya lencana di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, kemudian melakukan Verifikasi di lapangan.

Adapun kegiatan dilapangan, Tim langsung melihat kondisi tanaman padi di Persawahan jorong Piruko Nagari Sitiung kecamatan yaitu Varetas M 70 D yang merupakan varietas padi unggul yang dulu dibawa dan jadi oleh-oleh untuk Dharmasraya dari Jend ( purn ) DR. Moeldoko sewaktu berkunjung ke Dharmasraya.

Lalu Tim Setmil Kepresidenan RI juga mengunjungi Desa Mandiri Benih ( DMB ) di Lokasi yang sama, melihat langsung Pabrik benih yang di kelola oleh kelompok tani Setempat.
Tim Sekmilpres terlihat terkesan dan kagum dengan produksi sawah Dharmasraya yang meski hanya lebih kurang 6000 Ha, tapi selalu bisa surplus beras tahun ketahun. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *