Pessel

Penas XVI Petani Nalayan Ajang Promosi Untuk Produk Pessel Dikenal Seantero Nusantara

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menegaskan, keikutsertaan di gelaran Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan tahun ini, upaya mengenalkan produk pertanian daerahnya ke seantero nusantara.

“Kita punya banyak produk pertanian unggulan. Layak bersaing dengan provinsi lain, dan ini saatnya untuk dipromosikan di ajang Penas,” ucap Bupati Pessel Rusma Yul Anwar diamini Kadis Pertanian Madrianto, Senin.

Selain itu, terangnya, ajang ini (Penas XVI) juga dapat meningkatkan kapasitas petani dan aparatur pertanian.

“Sebab di penas, kita bisa menggali informasi dan ilmu pertanian yang terus berkembang,” ucapnya.

Mudah – mudahan, ke depan sektor pertanian bisa lebih berkembang, dan penduduk Pessel yang dominan petani, bisa lebih sejahtera..aamiin, harap Rusma Yul Anwar.

Belasan Produk Unggulan

Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto menambahkan, daerahnya menampilkan belasan produk unggulan di Gelaran Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan di Kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, pada 10 – 15 Juni 2023.

Belasan produk unggulan tersebut, berupa: Bawang Merah dan olahannya, Durian, Umbi Porang dan olahannya, Rendang Udang, Rendang Lokan, Rendang Tuna, dan Rendang Ikan.

Tidak hanya produk Pertanian, namun juga kita akan menampilkan produk UMKM berupa Sulam Bayangan,” terang Madrianto.

Adapun anggota kelompok tani dan nelayan mengikuti, lebih kurang 158 orang.

“Sekitar 13 poktan, bahkan ada lagi tambahan yang ikut dari Nagari-nagari utusan kita (Pessel) yang akan ikut ajang Penas tahun ini,” ucap Madrianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *