Pendidikan

MAN 2 Padang Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Tenaga Pendidik

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi kurikulum merdeka di Grand Basko Hotel, Rabu (21/06/2023). Kegiatan dibuka langsung Plt Kepala kementerian agama Kota Padang, Zulfahmi.

Zulfahmi berterima kasih kepada MAN 2 Padang yang telah melaksanakan Bimtek implementasi kurikulum merdeka bagi guru. Menurutnya, belum semua guru memahami apa itu kurikulum merdeka.

“Dulu ada namanya kurikulum KTSP, setelah itu berubah menjadi Kurtilas (K-13), seiring perjalanan waktu berubah kepada kurikulum merdeka, ini yang akan dipelajari di bimtek ini,” ujarnya.

Perubahan demi perubahan kurikulum itu, kata Zulfahmi, tentu membawa dampak kepada lembaga pendidikan maupun peserta didik di madrasah.

“Salah satu dampak kurikulum merdeka bagi siswa adalah dimana siswa bisa memilih sesuai dengan bakat dan minatnya,” sambung Kasubag tata usaha kemenag Kota Padang ini.

Disamping itu, ia meminta warga MAN 2 Padang untuk senantiasa membimbing serta mengarahkan anak didiknya agar lebih berprestasi. Prestasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah.

Kepala MAN 2 Padang diwakili Yusmal Yani wakil kepala bidang kesiswaan mengatakan bahwa kegiatan bimtek Implementasi kurikulum merdeka merupakan masa transisi di madrasah ini yang sebelumnya melaksanakan kurikulum K-13.

Namun, kata Yusmal Yani, kegiatan ini jangan dianggap sebagai beban yang mengkawatirkan tapi harus dilihat sebagai tantangan bagi seluruh tenaga pendidikan.

“Nanti lihat bagaimana CP dan ATP di kurikulum merdeka, begitu juga bagaimana menyiapkan modul pembelajaran untuk kurikulum merdeka,” ujar Yeye.

Diketahui, sebanyak 135 guru dan pegawai MAN 2 Kota Padang mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka. Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari, mulai 21 hingga 22 Juni 2023.

Turut hadir dalam pembukaan IKM, pengawas madrasah, Syafrullah, Ka-TU Arisman, pengurus komite, narasumber, Epi Yarlis, para wakil kepala dan guru serta pegawai MAN 2 Padang. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *