Tanah Datar

Sambut Idul Adha 1444 H, Pemda Tanah Datar Gelar Rapat Persiapan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Menghadapi pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah,pemerintah kabupaten Tanah Datar menggelar rapat persiapan bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar, Selasa (20/6/2023) malam di indojolito.

Rapat tersebut dihadiri Bupati Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian selaku Ketua PHBI Tanah Datar, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten Pemerintah dan Kesra Elizar, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Kepala Bagian Kesra,Ketua MUI Tanah Datar dan pimpinan organisasi keagamaan.

Berdasarkan keputusan Rukyatul Hilal Kementerian Agama RI 1 Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni 2023 dan 10 Dzulhijjah atau Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023 sedangkan keputusan majelis tarjih PP Muhammadiyah Idul Adha jatuh pada 28 Juni 2023.

“Kita pemda siap memfasilitasi tanggal 28 Juni dan 29 Juni. Tentunya berharap untuk dukungan PHBI,Organisasi keagamaan,Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,bagaimana semua kita nanti aman dan Insya allah ibadah kita berjalan dengan lancar,” harap Bupati.

Bupati Eka Putra mengatakan kepada OPD terkait antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan Damkar pada -1 pelaksanaan shalat Idul Adha sudah sterilkan lapangan Cindua Mato kepada Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengkoordinir lokasi parkir sebagaimana mestinya karena diperkirakan jamah cukup ramai.

Bupati Eka Putra juga berharap perbedaan pendapat dalam melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah tidak menjadi isu dan menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat Tanah Datar. “Mari kita saling menghormati dan menghargai perbedaan yang terjadi. Untuk tetap aman dan nyaman insyaallah pemerintah dan PHBI siap memfasilitasi,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga mengatakan, sesuai keputusan ketiga menteri pada perayaan Idul Adha tahun 2023, akan ada cuti bersama selama tiga hari mulai tanggal 28 hingga 30 Juni 2023.

Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian yang juga Ketua PHBI Tanah Datar mengatakan, PHBI Insyaallah siap memfasilitasi pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan Cindua Mato Batusangkar jika ada ketidaksesuaian pelaksanaan Idul Adha 1444 Hijriah nanti.

Selain itu, kata Wabup Richi, kami akan mengadakan rapat teknis dengan PHBI, MUI, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan pengurus masjid di sekitar kota Batusangkar untuk membahas perbedaan pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H, termasuk mubaligh, imam yang dikumpulkan oleh infaq dan pejabat.

Wabup berharap perbedaan dalam melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah, mari kita hormati dan hargai perbedaan yang muncul. Agar tetap aman dan nyaman,” ujarnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *