Tanah Datar

Ditunjuk OJK Menjadi GM EKI, Bupati Eka Putra: Kegiatan Ini Bisa Meningkatkan Perekonomian

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, menjadi Nagari/Desa yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI) di wilayah Pedesaan.

“Kami memilih Nagari Sumpur karena melihat semangat masyarakat untuk menumbuhkan bisnis yang luar biasa dimana kami akan menghadirkan kegiatan literasi dan inklusi di bidang keuangan,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha dan Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam kampanye Kick,di acara Kick Off EKI di wilayah Pedesaan,Kamis (22 Juni 2023) di Nagari Sumpur.

Setiap wilayah ditunjuk untuk melaksanakan EKI memiliki potensi wisata dan dapat menjadi daya tarik wisatawan tambahnya. Dari sudut pandang ini maka memilih Nagari Sumpur merupakan pilihan yang tepat, kawasan ini terletak di tepi danau Singkarak dan memiliki komoditi utama yaitu ikan bilih, buah sawo dan sebagainya.

“Selama pelaksanaan program EKI, kami telah mengembangkan berbagai kegiatan, tidak hanya menggelar acara untuk menampilkan produk UMKM, namun juga memberikan pendampingan mulai dari pra inkubasi,inkubasi dan pasca inkubasi,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, melalui acara ini masyarakat akan lebih mengenal produk jasa keuangan sehingga terhindar dari berbagai bentuk penipuan.

“Untuk melindungi konsumen, kami melakukan beberapa langkah, yaitu melakukan edukasi literasi, pengawasan produk jasa keuangan, penanganan dan pengaduan serta penanganan investasi ilegal di sektor keuangan. Jika pernah mengikuti kegiatan OJK ini, mohon jangan terjerumus ke penipuan. atas nama produk jasa keuangan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra berharap melalui GM EKI di Nagari Sumpur dapat meningkatkan perekonomian yang dibuktikan dengan adanya Peningkatan Indeks Membangun (IDM).

Dikatakannya, kegiatan tersebut terkait dengan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tanah Datar dalam mendukung ketahanan pangan yaitu Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Asuransi Komersial Peternakan Sapi/Kerbau (AUTS/K) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) serta program Bajak Gratis.

Bupati Eka Putra menambahkan, dalam rangka pemberdayaan UMKM, telah dilaksanakan program kerja yang melawan rentenir untuk pembiayaan pinjaman, yakni program Memaksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar(Makan Rendang di Tanah Datar).

“Kami berharap dengan dukungan OJK, kelanjutan kegiatan GM EKI di Nagari Sumpur dapat membantu mempermudah akses keuangan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Tanah Datar,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur yang diwakili oleh Ria Wijayanti Kepala Biro Perekonomian Sumbar menyampaikan bahwa OJK telah membantu pengembangan UMKM di Tanah Datar, khususnya di Sumbar pada umumnya melalui kegiatan Kick Off EKI di wilayah Pedesaan ini.

“Terima kasih banyak, telah memilih beberapa daerah di Sumbar untuk melaksanakan Kick Off EKI, ini memperlihatkan bahwa OJK turut berperan aktif, untuk membesarkan UMKM yang ada. Karena kita tahu, Ekonomi Inklusif menyediakan akses berbagai lembaga, produk dan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, guna tercapainya kesejahteraan,” ujarnya.

Ia berharap Kick Off EKI dapat dilaksanakan ke semua daerah di Sumbar, “Mudah-mudahan Kick Off EKI bisa digelar di berbagai daerah, tidak hanya Nagari Sumpur yang merasakan nikmatnya, tetapi nagari/desa lainnya di 19 Kabupaten/ Kota di Sumbar,” ujarnya.

Turut hadir dikesempatan itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.Ik, Kepala BI Sumbar Endang Kurnia Saputra, Kepala Departemen Literasi Inklusif keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa, Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Bambang Mukti Riyadi, Kepala OJK Sumbar Yusri, Kepala Pemprov Sumbar, Kepala OPD Pemda Tanah Datar, Camat Batipuh Selatan, Wali Nagari, KAN, BPRN nagari Sumpur dan tamu undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *