Dharmasraya

Penampilan Kesenian Kampus III Unand Dharmasraya Pukau Mahasiswa Inbond Empat Negara

Dharmasraya, PilarbangsaNews – Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya menggelar malam kesenian World Class University Program tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa inbond atau pertukaran mahasiswa dari luar negeri yang datang dari Negara Vietnam, Negara Kamboja, Negara Madagaskar dan Timor Leste dari Universitas An Giang dan Universitas Kien Giang.
Selain mahasiswa luar negeri, ada juga mahasiswa dalam negeri yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi antara lain, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Dharmas Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Sakinah Dharmasraya, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.
Malam kesenian ini dilaksanakan di Ruang Aula Kampus III Unand Dharmasraya pada hari Sabtu, (24/06/23), yang dibuka langsung oleh Kepala Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya, Edwin. Serta dihadiri langsung oleh Dekan dari berbagai Perguruan Tinggi yang ikut serta dalam kegiatan mahasiswa Inbond, dosen dari berbagai perguruan tinggi dan seluruh undangan lainnya.
Dalam malam kesenian tersebut, mahasiswa dari berbagai daerah menampilkan kesenian masing-masing daerahnya. Seperti, tari pasambahan, pencak silat, tari piring, tari tor tor yang dibawakan oleh mahasiswa Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan, pertunjukan alat musik tradisonal bansi dan talempong pancik oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Penampilan nyanyi lagu asli daerah mahasiswa Vietnam dan Syair Gurindam 12 dari mahasiswa Universitas Negeri Riau.
Menurut Edwin, kegiatan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dan hiburan kepada seluruh mahasiswa Inbond yang datang ke Kampus III Unand Dharmasraya. Serta memberikan pertunjukan seni yang dimiliki oleh masyarakat Sumbar, Riau dan Jambi kepada seluruh mahasiswa inbond. Sehingga mereka mengenal, menyaksikan dan menikmati seluruh pertunjukkan yang ditampilkan.
“Alhamdulillah acara pelaksanaan malam kesenian dalam rangka menyambut kedatangan para mahasiswa inbond Kamboja dan Vietnam berjalan dengan lancar, meriah dan menakjubkan. Seluruh mahasiswa yang berasal dari Kamboja dan Vietnam ini menikmati seluruh rangkaian kegiata acara yang telah kami berikan,” kata Edwin.
Sedangkan menurut salah seorang mahasiswa Inbond, Kessy mengungkapkan rasa bangga dan terharunya karena dapat berkunjung langsung ke Kampus III Unand Dharmasraya. Bahkan kata Kessy, seluruh mahasiswa inbond disambut hangat dan baik oleh pihak kampus dan seluruh mahasiswa Kampus III Unand Dharmasraya.
“Terima kasih atas sambutan dan keramahtamahan yang diberikan oleh Kampus III Unand Dharmasraya kepada seluruh masyarakat Inbond. Kami sangat senang dan merasa bangga karena dapat berada di tengah-tengah mahasiswa yang berasal dari Sumbar, Riau dan Jambi. Dan ini merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga bagi kami, bahkan akan menjadi sebuah ilmu yang sangat baik untuk kami kedepannya,” ungkap Kessy.
Dari pantauan media ini, seluruh mahasiswa Inbond terlihat antusias melihat seluruh pertunjukan yang ditampilkan. Bahkan beberapa mahasiswa Inbond juga diperkenankan untuk memainkan salah satu alat musik Sumatera Barat yakni bansi dan talempong pancik. Mereka terlihat sangat antusias dan bahagia saat diberikan hiburan yang berasal dari Sumatera Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Program mahasiswa Inbond ini dilaksanakan sejak tanggal 5 Juni sampai dengan tanggal 28 Juni 2023. Sedangkan di Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya hanya berlangsung selama dua hari, yakni sejak tanggal 24 sampai 25 Juni mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan di Dharmasraya mengusung konsep pengabdian kepada masyarakat Internasional. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *