Pendidikan

Disdik Kota Payakumbuh Gelar Workshop Transisi PAUD – SD Bagi Guru TK dan SD

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Masa transisi anak dari lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD) ke lingkungan sekolah dasar (SD) merupakan peristiwa yang berkelanjutan bagi anak dimana anak harus menyesuaikan diri terhadap perubahan. Pada masa transisi diperlukan kesiapan dalam menghadapi perubahan yakninya kesiapan anak, kesiapan orangtua dan kesiapan sekolah.

Menyiapkan masa transisi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan suatu program Transisi Paud – SD pada kurikulum merdeka. Program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses dapat berpengaruh terhadap keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar.

Proses transisi PAUD ke SD/MI yang menyenangkan, satuan pendidikan perlu melakukan kesiapan diantaranya menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD/MI), menerapkan masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama​, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak​ yang dibangun secara kontinu dari PAUD hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

Mendukung hal tersebut, dalam rangka memasuki tahun ajaran baru tp.2023/2024 yang akan dimulai pada tanggal 10 Juli 2023 mendatang, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan Workshop Transisi PAUD-SD bagi Guru TK dan SD pada tanggal 20 s.d 21 Juni 2023 di Aula Dinas Pendidikan dengan mendatangkan narasumber dari kota Erizal,S.Pd, Heri Luberto, S.Pd dan Misrayetti, S.Pd.AUD. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd didampingi Kabid Paudni Syafni Hasni, S,Pd, Kabid PTK Fiqih Rahmat.Sy, S.Kom, Kasi Kurikulum SD Nikmat Elva,M.Pd dan Kasi Paud Dilla Fatma, S.Pd, MM.

Hari pertama dihadiri sebanyak 124 orang guru kelas I SD negeri dan swasta se-Kota Payakumbuh. Hari ke dua dihadiri sebanyak 120 orang guru TK pada kelompok B negeri dan swasta/guru yang akan menangani siswa yang akan memasuki jenjang SD.

Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam membuka kegiatan menyampaikan, bahwa transisi PAUD ke SD di Kota Payakumbuh perlu berjalan mulus, perlu adanya keselarasan dan kesinambungan proses belajar mengajar di PAUD dengan SD kelas awal.

“Gerakan transisi PAUD ke SD yang dicanangkan Kemdikbudristek RI menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru. Saat ini, miskonsepsi tentang baca, tulis, hitung (calistung) pada pendidikan anak usia dini dan SD masih sangat kuat di masyarakat. Padahal membangun kemampuan pada anak perlu dilakukan secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan agar manfaat baik dari pembelajaran dapat tercapai. Kita perlu mengakhiri miskonsepsi tentang pembelajaran itu mulai dari sekarang,” jelas Kadisdik DR Dasril.

“Untuk itu tingkat SD, bimbingan teknis berisi materi teknis MPLS dan proses asessmen awal pada siswa kelas I SD. Pelaksanaan asesmen awal pada siswa kelas I SD yakni melakukan penilaian terhadap peserta didik. Dari hasil hasil asesmen siswa didapat potensi/kemampuan peserta didik, sehingga guru dapat memberikan pelayanan yang tepat sesuai dengan 6 pondasi dasar yang harus dikembangkan yaitu Kemampuan Kognitif, kemampuan bahasa, kemampuan motorik kasar dan halus, kemampuan sosial dan emosional dan kemampuan seni kreativitas serta kemampuan pengetahuan umum,” sambung Kadisdik. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *