Pessel

Yonko 462 Kopasgat Sembelih 6 Ekor Sapi dan 10 Ekor Kambing Pada Idul Adha 1444H

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Sebagai wujud rasa syukur dan peduli antar sesama, keluarga besar Batalyon Komando 462 Kopasgat menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H/2023 M.

Sebanyak 6 ekor Sapi dan 10 ekor Kambing telah disembelih pada Kamis, 29 Juni 2023 dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Komando 462 Paskhas Letkol Pas Anang Kurniawan bertempat yang di halaman Mushalla Al-Hidayat Yonko 462/kopasgat.

Sebelumnya, pada Pagi sekitar jam 07.15 WIB Pimpinan Yonko 462 Kopasgat beserta seluruh prajurit bersama-sama melaksanakan Sholat Idul Adha yang bertempat di Apron Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Danyonko 462 Kopasgat Letkol Pas Anang Kurniawan mengatakan bahwa untuk biaya pembelian banyaknya jumlah hewan kurban yang diperoleh tersebut didapatkan dari sumbangsihnya sesama seluruh prajurit yang terkumpul selama 1 tahun lamanya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama kita semua dan juga kewajiban kita sebagai umat muslim, penyembelihan hewan kurban bisa dilaksanakan dan jumlahnya pun meningkat dari tahun sebelumnya,” sebut Letkol Pas Anang yang didampingi juga oleh Wadanyonko 462 Kopasgat Mayor Pas Agni Vitalis Heatubun.

Bahkan menurut Anang, untuk pendistribusian daging kurban tersebut diupayakan akan diberikan secara merata kepada masyarakat setempat khususnya dilingkungan Yonko 462/kopasgat.

“Pada hari kemarin kita sudah membagikan kupon sebanyak lebih kurang 600 lembar kepada masyarakat sekitar dan kita juga memberikan sebagian dari daging kurban tersebut ke Panti Asuhan Al-Akbar yang berada dikawasan Kecamatan Marpoyan Damai,” jelas Danyonko 462 Kopasgat.

Letkol Pas Anang juga menjelaskan, adapun makna dari peringatan Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan setiap tahun yaitu momentum kepedulian antar sesama dalam berbagi satu sama lainnya.

“Dalam memaknainya kita bisa mempedomani suri teladan dari Nabi Ibrahim yang mana atas perintah Allah SWT beliau diwajibkan mengorbankan anaknya sendiri yaitu Ismail. Maka ini merupakan ujian paling berat bagi Nabi Ibrahim, namun tetap dilakukannya. Dan karena keikhlasannya, Ismail anaknya yang akan dikurbankan diganti oleh Allah SWT dengan hewan kurban yang sesungguhnya dan hingga sampai saat ini selalu dirayakan oleh seluruh umat muslim,” jelas Letkol Pas Anang.

“Maka kesimpulannya, bahwa apapun harta yang kita miliki saat ini merupakan titipan dari Allah SWT yang mana kapan pun harta tersebut hanya kesenangan sementara di dunia fana ini. Intinya kita harus rela berkorban,” imbuhnya.

Diluar itu, diketahui bahwa Yonko 462 kopasgat merupakan salah satu jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) di pemerintah kota Pekanbaru, dan komitmen kebersamaan serta sinergitas terus berjalan dengan baik.

“Kita jajaran Yonko 462 Kopasgat akan terus berupaya mendukung seluruh program kerja dari pemerintah kota Pekanbaru, apalagi menghadapi suasana politik di tahun 2024 mendatang, kita bergandengan tangan untuk akan tetap solid dan kompak dalam menciptakan situasi keamanan, ketertiban di masyarakat yang kondusif. Sehingga ketenangan, ketentraman, dan kedamaian dapat tercipta,” ujar Danyonko 462 Kopasgat.

Untuk diketahui bahwa momentum Idul Adha 1444 H/2023 M merupakan suatu hal pengalaman perdana bagi Letkol Pas Anang Kurniawan dilingkungan Yonko 462 Kopasgat.

“Ini menjadi tahun pertama bagi saya untuk bisa sholat Id bersama prajurit memotong hewan bersama, berbagi bersama, sehingga saya ingin tetap selalu hadir dan berada ditengah-tengah prajurit saya walaupun dalam kondisi apapun,” tutup Danyonko 462 Kopasgat. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *