.

Hadiri Batagak Gala Adat di 50 Kota, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Ingatkan Perilaku Bermusyawarah

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Dr H Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati kembali menyampaikan soal kehidupan sosial ditengah masyarakat Minang mengarusutamakan musyawarah mufakat. Urun rembuk bersama akan dapat menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan.

Hal itu disampaikan Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Dt Nan Sati saat menghadiri Batagak Gala mengukuhkan 29 Datuk di Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota, Sabtu (8/7/2023).

“Kedepankan musyawarah mufakat dalam kehidupan sosial ditengah masyarakat Minang, sehingga yang keruh bisa dijernihkan dan yang kusut dapat diselesaikan,” ujar Fauzi Bahar yang juga bakal Caleg DPR-RI Dapil Sumbar 1 dari Partai Nasdem ini.

Mantan Walikota Padang dua periode ini menjelaskan, kegiatan musyawarah untuk mencapai kata mufakat dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Musyawarah dalam mencapai kesepakatan bersama menjadi hal yang sangat diperlukan, apalagi hidup di negara Indonesia yang suku, budaya, ras dan agama beragam dan dianut dan dipercayai masing-masing masyarakat. Tak hanya menguntungkan satu pihak, musyawarah mufakat digunakan demi mencapai kesepakatan dalam kepentingan bersama.

“Musyawarah adalah puncak dari segala usaha dalam mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dalam musyawarah setiap orang dapat belajar menghargai pendapat atau pemikiran orang lain yang tentunya berbeda dari pemikirannya,” ungkap Ketum LKAAM Sumbar ini.

Pada kesempatan itu Fauzi Bahar juga memaparkan, musyawarah merupakan usaha mencari kebenaran dan keadilan dalam proses pengambilan keputusan. Setelah mengadakan musyawarah, keputusan yang diambil haruslah dihormati, disetujui, serta dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan musyawarah. (Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *