.

Tahun Ajaran Baru, Ratusan Siswa MAN 3 Pekanbaru Ikuti Program Matsama

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru pada Kamis, 13 Juli 2023 melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Matsama bagi peserta didik baru tahun ajaran 2023-2024.

Kegiatan Matsama tersebut dibuka langsung oleh Kasi Penmad Kemenag kota Pekanbaru Dr.H.Rialis M.Pd serta didampingi Kepala MAN 3 Pekanbaru H.Marzuki M.Ag, Kepala TU Jamaris S.Pdi, Waka Kurikulum M.Ridwan S.Ag, M.Pd, Waka Humas MAN 3 Pekanbaru Raini M.A, dan Waka Kesiswaan Jupriadi S.Pd.

Dalam sambutan Kasi Penmad Kemenag kota Pekanbaru Dr.H.Rialis M.Pd menyebutkan bahwa kegiatan Matsama sudah menjadi program dari Kementerian Agama RI yang wajib dilaksanakan setiap tahun ajaran baru.

Ia juga menambahkan bahwa Matsama termasuk ke dalam pengenalan lingkungan sekolah serta program-program, metode belajar mengajar, mengenali sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur didalam sekolah tersebut.

“Pada intinya, tujuan Matsama sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di madrasah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di madrasah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan madrasah,” jelas Rialis.

Rialis sangat berharap sekali, selama tiga hari pelaksanaan matsama tersebut kedepannya dapat membentuk karakteristik serta memperbaiki diri siswa yang bermoral dan berakhlak islami.

“Selama kegiatan nantinya kita tegaskan tidak ada tradisi perpeloncoan kekerasan antara senior dengan junior, tetapi jadikan pertemuan ini dengan enjoy, senang gembira, sehingga para siswa bisa betah di sekolah dan dapat dijadikan kesan serta kenangan yang baik bagi mereka,” sebut Irialis.

“Dan para guru tentunya dapat memberikan informasi yang jelas kepada seluruh siswa baru terkait program pembelajaran di madrasah,” imbuhnya.

Kepala MAN 3 Pekanbaru H.Marzuki M.Ag juga mengatakan untuk kegiatan matsama tetap berpedoman sesuai petunjuk teknis (juknis) yang telah diatur oleh Kementerian Agama RI dengan materi-materi yang sudah ditentukan.

“Kita dari pihak madrasah selalu menekankan bahwa untuk matsama tidak ada unsur perpeloncoan, namun dalam penerapannya akan kita sampaikan visi misi madrasah dan termasuk juga program-program menuju go internasional,” ujar Marzuki.

Ia juga menyebutkan untuk menjalankan program matsama yang baik dan benar, nantinya akan selalu dikoordinir dan diawasi dengan seksama, karena pada hakikatnya pengenalan lingkungan sekolah tersebut perlu disampaikan dan dipahami oleh siswa.

“Dan narasumber pada matsama tahun ini ada yang berbeda, yakni ada pemahaman materi dari Dharma Wanita Persatuan atau DWP Provinsi Riau perihal tentang sosialisasi gerakan anti korupsi atau disebut dengan ‘kusemai’. Dalam paparan yang disampaikan oleh ibu-ibu nanti akan mencontohkan peran tokoh dalam keluarga yang berandil besar kemajuan anak ditengah-tengah keluarga,” sebutnya.

“Ada juga materi tentang pemahaman Peraturan Baris Berbaris atau PBB yang nantinya akan disampaikan oleh pakar ahli dari luar yakni Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Riau, Toni Werdiansyah di hari ketiga matsama. Materi yang disampaikan diantaranya yaitu PBB dasar serta standar ilmu paskibra untuk lulus menuju seleksi kota, provinsi, hingga tingkat nasional,” tutup Marzuki.

Untuk diketahui, Matsama yang bertemakan ‘membangun generasi muda yang islami yang kreatif, demi terciptanya madrasah yang hebat dan bermartabat’ tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 327 orang, dengan rinciannya Putri berjumlah 187 orang dan Putra berjumlah 140 orang. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *