.

Berebut Kursi Di Dapil 1, Syamsul Azwar Berpeluang Besar

Kabupaten Solok, PilarbangsaNews.com
Atmosfir kemeriahan perpolitikan di negeri ini, kian menyelimuti bumi. Pesta demokrasi, semakin diambang mata dan penuh dinamika. Tebaran rupa wajah melalui media sosial hingga baliho besar, terpampang jelas dari laman Smartphone dan jalan yang dilewati.

Beragam aksi ditampilkan dengan adegan berbeda beda, mulai dari tebar pesona, politik pencitraan, wara-wiri kesana- kemari dengan harapan meraih simpati masyarakat. Bahkan jikalau bisa, setiap hari ada kegiatan masyarakat berkumpul, baik dalam duka maupun kegiatan suka ria.

Kian hari euforia pesta demokrasi itu kian terasa, bahkan di setiap pelosok tak pagi canggung rasanya untuk cerita politik. Jika diulas satu-persatu peluang para penerima amanah rakyat tersebut, tak cukup sehari dua untuk dibahas di warung kopi.

Namun ada yang menarik bagi penulis, yakni nya peluang para Calon Legislatif (Caleg) untuk meraih suara. Terkhusus peluang para Caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang saban hari penulis lalui.

Terlirik oleh penulis, salah satu Caleg yang tak banyak melakukan aksi panggung, namun memiliki peluang besar untuk meraih kursi. Tak banyak berwara-wiri, namun dukungan pasti seakan sudah berada dalam genggaman nya.

Syamsul Aswar, Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional. Berebut simpati bersama para Caleg lainnya, untuk berebut 1 kursi dari 6 kursi Legislatif yang disediakan. Meski bertarung dengan para para Incumbent dan petarung tangguh lainnya, terlihat paras tak gentar di wajahnya dengan kondisi tersebut.

Benar juga tak gentar, meski belum pernah duduk di kursi panas gedung terhormat lembaga DPRD, namun tugasnya sebagai orang nomor 1 di pemerintahan Nagari Batang Barus tersebut telah acap kali berwarna-warni di rumah bagonjong Arosuka.

Bersentuhan dengan sisi sosial kemasyarakatan semenjak tahun 2000, dirinya dipercaya menjadi ketua pemuda Nagari. Dan lanjut di tahun 2013, ia di pilih dan dinobatkan menjadi orang nomor 1 di pemerintahan Nagari Batang Barus. Tentu sudah banyak kerja sosial dan investasi sosial, yang dia persembahkan kepada masyarakat.

Syamsul Azwar telah mendapatkan kepercayaan masyarakat, menjabat sebagai Wali Nagari Batang Barus dua periode. Dan atas kemampuannya itu, dia dipercaya menjadi Ketua Umum Panguyuban Wali Nagari se Kabupaten Solok atau lebih dikenal sebagai Forum Wali Nagari (Forwana) hingga sekarang.

Sepanjang perjalanan, sebanyak tempat singgah yang penulis duduki, ternyata bincang-bincang politik kian diminati. Tak jarang penulis ikut terbawa kepo, siapa yang akan berhasil duduk di kursi empuk dari Dapil 1 ini. Banyak yang menjagokan incumbent kembali berpeluang, namun ada juga yang memprediksi incumbent bakal kalah dari pendatang baru.

Namun jika lebih spesifik ke pendatang baru, umumnya mereka menyebut nama Syamsul Azwar salah satu pendatang baru yang berpeluang besar berhasil . Kenapa tanya penulis, ya kerena dia sudah matang berpolitik. 2 periode terpilih menjadi Wali Nagari dengan raihan suara terbanyak, tentunya sudah memberi keyakinan bagi saya khususnya bahwa beliau telah berhasil memimpin masyarakat, ” ucap salah satu masyarakat tersebut.

Disamping mencuatnya nama Caleg lain nama Syamsul Azwar selalu terucap dari banyak masyarakat untuk mampu meraih kursi. Bahkan para rekan koleganya sesama Wali Nagari pun sangat mendukung keberhasilan nya untuk berhasil pada Pemilihan Legislatif yang akan dihelat pada Februari mendatang.

Bahkan salah satu koleganya itu bisa memastikan bahwa Syamsul Azwar, sudah bisa ukur baju untuk dilantik. ” saya ada keyakinan dia akan berhasil, saya telah melihat pola kepemimpinan nya diterima banyak masyarakat. Bahkan para perangkat Nagari pun mendukung seluruh program kerja yang dicetuskannya adalah untuk kemajuan masyarakat dan Nagari ” ucap pak Wali tersebut.

Kerja sosial dan investasi sosial yang telah dia persembahkan kepada masyarakat selama ini, tentunya telah menjadi modal kepercayaan diri di tengah gempuran simpati transaksional yang ditebarkan oleh para petarung politikus demi raihan Kemenangan. Setidaknya investasi sosial yang telah diperbuatnya, menjadi modal awal keberhasilannya untuk mewujudkan pengabdian yang lebih besar lagi kedepannya.

Penulis pun berharap, Syamsul Azwar yang juga seorang wartawan senior di Kabupaten Solok tersebut berhasil mencapai kemenangan. Mengantongi sertifikat uji kompetensi wartawan dengan predikat Muda, tentunya dia cukup memahami tugas dan fungsi nya nanti sebagai penyambung aspirasi masyarakat Kabupaten Solok umumnya.

Penulis: Adrizal Inyiak, Wartawan Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *