Nasional

Puluhan Ribu Massa Buruh Berdemo, Bawa 4 Tuntutan Aksi

Jakarta, pilarbangsanews.com – Terdapat empat tuntutan pada aksi demo buruh yang terjadi pada Kamis, 10 Agustus 2023 di kawasan Patung Kuda Arjuna, Monas, Jakarta Pusat.

Aksi buruh tersebut meminta pencabutan UU cipta kerja terutama klaster ketenagakerjaan, pencabutan Undang-Undang kesehatan, pencabutan Undang-Undang Pengembangan dan Penyaluran Sektor Keuangan, dan terakhir  mewujudkan Sistem Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat.

Salah satu komponen dalam aksi unjuk rasa yakni Budi Santoso dari ketua bidang politik dan hubungan antar lembaga dalam negeri mengatakan massa yang berjumlah kurang lebih   puluhan ribu tersebut bergabung dalam aliansi aksi sejuta buruh yang berasal dari berbagai organisasi.

Menurutnya, golongan tersebut terdiri dari federasi serta konfederasi, dan ada pula dari mahasiswa, petani, pegiat lingkungan, alumni STM, juga kalangan masyarakat lainnya.

“Kalo kita estimasikan, massa yang ikut sekitar 30 ribuan. Target kita bagaimana mendapatkan ruang negoisasi, karena saat ini kita mempersiapkan draf UU yang akan dibahas dalam tuntutan,” jelas Budi.

Diketahui juga, keinginan massa tersebut bisa diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo, yang mana mereka tadinya akan terus menunggu orang nomor satu di RepubIik Indonesia.

“Kami akan menunggu beliau, sampai berkenan bertemu menjumpai kami,” lugas Budi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *