Pekanbaru

HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di MAN 3 Pekanbaru, Penuh Khidmat dan Inovasi

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang Ke-78, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru melaksanakan Upacara Bendera pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Bertempat di lapangan MAN 3 Pekanbaru, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Kabid Pakis) Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Dr.H.Edwar S Umar M.Ag

Upacara berlangsung dengan khidmat, hentakan langkah pasukan khusus (passus) pengibar bendera merah putih memasuki lapangan upacara.

Sebanyak 40 orang pasukan khusus yang dilatih oleh Gian Rizky alumni dari SMA Negeri 4 Pekanbaru seolah membius peserta upacara dan tamu undangan dengan penampilan Formasi Garuda yang bermakna membentuk kekuatan dan pergerakan yang dinamis dari seorang Paskibraka dalam menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Terlihat bendera Merah Putih diberikan oleh Inspektur Upacara kepada pembawa baki bernama Nada Rani Azzahra, serta bertindak sebagai pembentang bendera Naufal Maulana Qoyum Yamoli dan penggerek bendera Muhammad Habibi.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh tim paduan suara mengiringi naiknya bendera sang merah putih yang telah berkibar diatas ujung tiang.

Usai pelaksanaan upacara, Dr.H.Edwar S Umar M.Ag selaku Irup mengatakan kepada media online _pilarbangsanews.com_ bahwa rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 secara umum dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Riau terlihat lebih semarak.

Hal ini menurutnya merupakan suatu bukti kepedulian generasi bangsa dari waktu ke waktu cinta terhadap tanah air yang memiliki sikap patriotisme terus bertambah.

“Saya pribadi sangat takjub dengan penampilan pasukan khusus pengibar bendera merah putih tadi. Yang saya rasakan pada saat itu seperti berada menghadiri acara di Istana Negara, yang membuat bangga seluruh tamu undangan. Terima kasih saya ucapkan,” jelas Edwar.

Selain itu juga, Kabid Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Riau ini menyebutkan terdapat 5 (lima) makna yang perlu diambil dari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pertama, kebebasan dalam menyampaikan pendapat namun tetap dengan sopan dan santun;

Kedua, kebebasan memeluk agama dan kepercayaan seluas-luasnya yang dijamin oleh pemerintah Indonesia;

Ketiga, adanya jaminan keamanan bagi seluruh rakyat dari pemerintah Indonesia tanpa membedakan kelas dan strata;

Keempat, adanya jaminan keadilan bagi seluruh rakyat dari pemerintah Indonesia.

“Dan yang kelima, pemerintah Indonesia selalu memberikan jaminan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa apresiasinya kepada seluruh siswa-siswi MAN 3 Pekanbaru yang memiliki banyak bakat dan potensi dalam membesarkan kemajuan perkembangan sekolah.

“Terlihat juga tadi kehebatan dari salah satu siswa kelas 11 yang telah menciptakan pesawat tanpa awak dengan jangkauan kurang lebih 500 meter, dan ini luar biasa. Maka harapan kita kepada MAN 3 Pekanbaru terus maju, dan selalu berprestasi,” ucap Edwar.

“Insya allah, apa yang telah dilakukan oleh pihak MAN 3 Pekanbaru ini akan kita jadikan suatu dokumen yang memiliki arti penting, serta nantinya pasti akan diketahui oleh Kementerian Agama RI dan tentunya seluruh pengembangan di madrasah ini akan selalu mendapatkan perhatian,” imbuhnya.

Terakhir, mantan Kepala Kantor Kemenag kota Pekanbaru ini berharap kepada jajaran guru MAN 3 Pekanbaru untuk terus memberikan inovasi dan kemajuan tentang saints teknologi dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

“Jadi, teruslah selalu berinovasi,” tutupnya. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *