.

MAN 2 Kota Padang Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78

Padang, PilarbangsaNews

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di lapangan madrasah, Jalan Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun, Padang, Kamis (17/08/2023).

Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke-78. Ia menaiki panggung kehormatan sekitar pukul 07.40 WIB. Hadir dalam upacara itu, pengurus komite, wakil kepala, Ka-TU Arisman, guru/pegawai serta 1.450 siswa.

Kemudian pemimpin upacara
Muhammad George Dani kelas X 9 melakukan penghormatan dan laporan. Terlihat peserta upacara mengikuti aba-aba yang diucapkan komandan upacara.

Setelah itu, acara puncak pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) MAN 2 Kota Padang. Fazilla Ayumi Putri yang merupakan siswa kelas X 11 menjadi pembawa baki bendera merah putih.

Sementara itu, tiga lainnya dari tim 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera, yaitu Fattan M.Jamal kelas X 8 sebagai penggerek, Kelvin Febrino Indrifa kelas X 10, sebagai dampok delapan dan Imanuddin Haramain kelas X 1 sebagai pengibar bendera.

Usai pengibaran bendera, Akhri Meinhardi memimpin mengheningkan cipta yang dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi. Kemudian Fhabella Wie Gasyandi kelas X 9 melanjutkan pengucapan UUD 1945 tanpa melihat teks.

Lanjut, usai pengucapan UUD 1945, marching band MAN 2 Padang menyanyikan lagu wajib nasional, kemudian acara ditutup pembacaan doa oleh Muhammad Galang
kelas X IPA 8.

Kepala MAN 2 Padang dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas. Ia menyampaikan bahwa hari ini, ingatan kita mungkin terbang dan hinggap pada bambu-bambu runcing yang bersimbah darah sebagai saksi perjuangan pendahulu bangsa.

“Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan dan ini juga cara kita berterima kasih kepada para pendahulu kita, yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah,” sebut Akhri Meinhardi membacakan amanat Menteri Agama.

Disampaikannya, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju. Disamping itu, sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia.

“Prestasi para siswa madrasah dan sekolah agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi memuji performance pelaksana upacara bendera HUT RI ke-78. Dia berterima kasih siswa madrasah telah memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Pelaksanaan upacara itu dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Sejumlah orang tua siswa dari pelaksana upacara juga turut antusias menyaksikan anak-anaknya. Sejak pagi mereka telah datang memenuhi undangan pihak madrasah.

Terlihat barisan diatur sedemikian rupa. Seluruh peserta, baik guru/pegawai dan siswa serta tamu undangan mengikuti upacara dengan khidmat. Upacara bendera berlangsung sukses dan penuh khidmat. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *