Prestasi

Icha, Siswa MAN 2 Padang Ikuti Pelatihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Nasional

Padang, PilarbangsaNews

Fauziah Husni Rinaldi Siswa MAN 2 Padang kelas XII IPA 3 mengikuti pelatihan/TOT inisiator muda moderasi beragama madrasah tahun 2023 yang digelar Direktorat KSKK madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI.

Pelatihan yang berlangsung 22 hingga 25 Agustus 2023 ini digelar di Vega Hotel Serpong, Tanggerang, Provinsi Banten. Kegiatan tersebut diikuti 40 utusan Madrasah Aliyah se-Indonesia.

Icha, sapaan akrab Fauziyah Husni Rinaldi ini merupakan satu-satunya wakil siswa Madrasah Aliyah di Provinsi Sumatera Barat yang terpilih untuk mengikuti TOT. Dia berhasil menyisihkan 711 siswa madrasah lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah, suatu kebanggaan mampu mempersembahkan yang terbaik untuk diri sendiri, orang tua dan juga madrasah,”tutur Fauziah Husni Rinaldi kepada PilarbangsaNews, Kamis (24/08/2023).

Dara kelahiran Tanjung Ampalu, 14 Januari 2006 silam ini mengaku termotivasi mengikuti inisiator muda moderasi agama, untuk ikut ambil bagian dalam menjaga keseimbangan dari berbagai keaneka ragaman yang terjadi.

“Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasi agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengalaman kita dalam beragama,” ucap Icha yang bercita-cita jadi psikolog ini.

Anak ke-satu dari empat bersaudara ini memaparkan 5 indikator sikap moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi.

“Indikator-indikator tersebut harus dijaga dan dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat serta instansi pemerintah,” ujar peraih juara 1 lomba baca puisi 2023 tingkat Sumatera Barat yang digelar di SMAN 1 Padang.

Icha menyebut rencana aksi yang akan dilakukan dalam mengusung moderasi beragama adalah melalui kegiatan Malin Kundang (Mari Lihatkan keberagaman Minang) dan Siti Nurbaya (Sisipkan Toleransi dan Norma dalam Dunia Maya).

“Kegiatan tersebut merupakan penghormatan terhadap budaya lokal (kearifan lokal) orang Minang Kabau dengan falsafah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah,” pungkasnya.

Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi mengaku bangga atas terpilihnya salah seorang siswanya mengikuti TOT inisiator muda moderasi beragama nasional. Dia berharap Fauziah lancar dan sukses dalam mempresentasikan rencana aksi moderasi beragama dihadapan peserta maupun panitia. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *