Olahraga

HUT Lemkari Ke-51, Ketum PB Lemkari Leonardy Harmainy: Gebyarkan dengan Gelar Apel dan Latgab Karateka

Padang, PilarbangsaNews

Dalam rangka mengenang Kongres I Lemkari di Pandaan, Jawa Timur pada 12 September 1972 yang secara organisatoris merupakan hari lahirnya perguruan Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari), Ketua Umum Pengurus Besar Lemkari yang dipimpin Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa mengimbau insan perguruan berlambang harimau ini menggebyarkan dengan berbagai aktivitas di seluruh daerah.

Imbauan tersebut disampaikan Ketum PB Lemkari Leonardy Harmainy, yang juga Ketua Badan Kehormatan DPD RI usai memimpin pertemuan terbatas bersama Ketua Dewan Guru PB Lemkari, Haried Taning dan Waketum I, Drs Firdaus Ilyas serta beberapa karateka senior Lemkari dari Sumatera Barat, Minggu (27/8/2023) malam di Padang.

Semarak HUT Lemkari Ke-51 tahun 2023 dengan Latihan Gabungan dan Gelaran Apel Majelis Sabuk Hitam di Daerah, dikatakan Leonardy Harmainy dalam upaya mendorong dan meningkatkan eksistensi perguruan beraliran shotokan ini sebagai bagian dalam pembangunan karakter generasi muda Indonesia melalui olahraga karate.

“Menyemarakan HUT Lemkari ke-51 yang jatuh pada tanggal 12 September 2023 juga mencerminkan komitmen kita terhadap nilai-nilai filosofis yang terdapat dalam beladiri karate. Karateka Lemkari yang sejati mesti rendah hati, bersikap lembut, punya keyakinan, kekuatan, keberanian dan percaya diri,” ujar Ketum PB Lemkari, Leonardy Harmainy, Karateka DAN VIII.

Ia mengatakan bahwa setiap tanggal 12 September diperingati sebagai Hari Lahir Lemkari. Lemkari adalah Pendiri Utama FORKI, yang didirikan oleh Saiko Shihan Anton Lesiangi, Kariyanto Djojonegoro, Agustar Idris, Jenderal Widjojo Soejono, Jenderal Seno Hartono, Minang Warman, Jenderal Bayu Pathi, Rahimi Sutan dan Ronald Patinasari.

“Mari semarakkan perayaan HUT ke-50 Lemkari yang merupakan ulang tahun ke-51 pada tahun 2023 ini, diantaranya dengan berpartisipasi pada kreasi video “Cinta Lemkari”. Kemeriahan HUT ke-51 Lemkari juga bisa memanfaatkan secara digital lainnya,” ujar Leonardy Harmainy, mantan Ketua Pengprov Forki Sumbar itu.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Guru (KDG) Harried Taning didampingi Sekretaris KDG, Ferry Suardi SH mengungkapkan untuk menguatkan pembinaan karateka Lemkari di berbagai daerah kepada Pengprov Lemkari seluruh Indonesia dipersilahkan mengusulkan pemberian sabuk hitam kehormatan untuk ditetapkan Ketum PB Lemkari dan kepada para atlet Lemkari yang berprestasi baik ditingkat kejuaraan daerah dan nasional, dari O2SN tingkat SD hingga SMA/SMK, pada momentum HUT Lemkari Ke-51 diberikan penghargaan oleh Pengprov Lemkari masing-masing.

“Dengan momentum HUT Lemkari Ke-51 nanti berarti kebaradaan pengurus provinsi Lemkari akan memberikan semangat kepada karateka Lemkari dan para pembina Lemkari itu sendiri,” kata Haried Taning, Karateka DAN IX, yang pernah melatih di luar negeri ini.

Menurut dia, kehadirannya ke Sumatera Barat didasarkan pada komitmen untuk menyemangati jajaran pengurus Pengprov Lemkari Sumbar dan Pengcab Lemkari se-Sumbar untuk menjalankan program organisasi agar melahirkan atlet karate berprestasi.

Sementara Firdaus Ilyas selaku Ketua Dewan Penasehat Pengprov Lemkari menyampaikan bahwa kehadiran KDG, Hariet Taning merupakan momentum menyemangati anggota karateka Majelis Sabuk Lemkari Sumbar agar terus melahirkan karateka sabuk coklat yang akan dipersiapkan untuk regenerasi perpanjangantanganan dewan guru di daerah.

Sedangkan menyoal HUT Lemkari Ke-51 di tingkat Sumbar, Firdaus Ilyas mengharapkan Pengprov Lemkari Sumbar menjadikan momentum tersebut sebagai wahana mengapresiasi para atlet Lemkari yang berhasil sebagai juara diberbagai ivent, seperti O2SN dan Pra PON, dimana karateka Lemkari Sumbar pada babak kualifikasi PON berhasil meraih tiket PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara. (Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *