Pessel

Zahra Mardiah Anwar; Berdayakan Generasi Muda Pessel dengan Menggali Minat dan Potensi Mereka

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Zahra Mardiah Anwar, S.I.Kom, mengatakan, pemkab Pesisir Selatan perlu memberdayakan generasi muda mulai dari sekarang dengan membantu menggali minat dan potensi mereka.

Apalagi jika dikaitkan bahwa pada tahun 2045 nanti jumlah penduduk Indonesia yang berusia produktif sekitar 207,99 juta jiwa dari total perkiraan 318,96 juta jiwa.

“Itu artinya sebagian besar penduduk Indonesia termasuk juga penduduk Kabupaten Pesisir Selatan, pada tahun 2045 mayoritas adalah generasi muda.
Dan ini perlu menjadi perhatian bersama dalam perencanaan RPJP,” kata Zahra Mardiah Anwar, dalam Orientasi Penyusunan RPJP Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di Aula Bapedalitbang, Sago, Jum’at (01/9).

Putri bungsu Bupati Rusma Yul Anwar ini didaulat oleh Kepala Bapedalitbang, Hadi Susilo, S.STP., M.Si., menyampaikan paparannya terkait dengan potensi generasi muda berkiprah dalam pembangunan. Lebih lanjut, Zahra mengatakan dengan memanfaatkan bonus demografi, sudah semestinya generasi muda itu didiberi ruang dan kepercayaan untuk menjadi mandiri.

“Jika generasi muda tidak siap jadi agen pembangunan maka bonus demokrafi bisa menjadi bencana nasional saat indonesa merayakan HUT kemerdekaan yang ke 100 nantinya,” ungkap alumni SMA 3 Padang yang pernah jadi pemenang juara I lomba pidato bahasa Inggris tahun 2018 ini.

Alumni Universitas Brawijaya Malang ini, juga mengatakan, untuk memberdayakan generasi muda perlu dipercayai kemampuannya dalam memimpin sehingga nanti tidak terjadi krisis kepemimpinan.

Zahra juga memamparkan kiprah-kiprah anak-anak muda saat ini yang menjadi inspirasi berbagai kalangan atas prestasi dan gerakan kepedulian terhadap lingkungan.

Pada akhir paparannya ia memberikan beberapa rekomendasi untuk penyusunan RPJP 2025-2045 Kabupaten Pesisir Selatan.

“Generasi muda perlu diberi peluang untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan pemerintah,” harapnya.

Ia juga mengatakan perlunya memberikan contoh teladan dan dukungan partisipasi generasi muda dalam pembangunan.

“Tentunya juga semua pihak memberikan dukungan kepada generasi muda untuk mengoptimalkan potensi diri,” tutup Zahra yang konon ikut meramaikan pileg 2024 untuk dapil I Sumbar dari PDI-P.

Sementara itu , Kepala Bapedalitbang, Pesisir Selatan, Hadi Susilo, S.STP., M.Si. ketika membuka orientasi ini mengatakan, tujuan kegiatan ini antara lain untuk menemukenali isu-isu dan permasalahan daerah, serta mengumpulkan pendapat, hasil pemikiran dan gagasan semua pihak,” kata Hadi.

Selain itu, membuka ruang komunikasi awal bagi berbagai kepentingan, harapan dan ide-ide serta curah pendapat tentang Pesisir Selatan 20 tahun ke depan.

“Tentunya juga untuk meningkatkan peran berbagai pihak terhadap perencanaan daerah,” tambahnya.

Hadi Susilo menyampaikan hasil kegiatan ini adalah rangkuman dari tujuan tersebut sebagai referensi partisipatif untuk penyusunan RPJPD 2025-2045 Kabupaten Pesisir Selatan. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *