Solok Kabupaten

Dirjen Dukcapil Pimpin Rakor Disdukcapil Se Sumatera Barat Di Kabupaten Solok

Kabupaten Solok, PilarbangsaNews,–
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi, pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh kepala dinas Dukcapil se Sumatera Barat. Dalam Rakor tersebut, Teguh Setyabudi menekan pentingnya sebuah data kependudukan bagi setiap orang.

Rakor tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Solok tersebut, dihadiri oleh 19 kepala dinas Dukcapil se Sumatera Barat. Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok. Gedung Solok Nan Indah, (07/09)

Dalam sambutannya, Teguh Setyabudi mengajak seluruh stakeholder terkait mulai dari tingkat terbawah untuk saling terkoneksi dengan Dinas Dukcapil. Termasuk juga dalam pengalokasian anggaran dari pemerintah daerah.

” pengalokasian anggaran untuk menunjang peningkatan inovasi dan terobosan guna mempercepat penanganan administrasi kependudukan itu adalah hal yang utama. Dimulai dari tingkat pemerintah daerah hingga ke pemerintahan desa atau nagari, ” kata Teguh.

Selain itu dirinya turut mengapresiasi Dinas Dukcapil Kabupaten Solok atas inovasi dan terobosan yang telah dibuat. Baik melalui aplikasi berbasis internet, maupun jemput bola atau turun langsung ke masyarakat bawah dalam rangka percepatan penyelesaian administrasi kependudukan.

” apresiasi yang luar biasa untuk Disdukcapil Kabupaten Solok yang telah melahirkan inovasi-inovasi baru dalam percepatan administrasi kependudukan. Hal-hal seperti ini harus didorong oleh pemerintah daerahnya, secara anggaran dan sumber daya manusia nya yang betul-betul mumpuni dalam bekerja, ” tambahnya.

Sementara itu Bupati Solok yang diwakili Sekretaris Daerah, Medison menyebutkan bahwa komitmen pemerintah daerah adalah menciptakan kemajuan di segala lini. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang adalah salah satu yang ditancapkan dalam visi misi Mambangkik Batang Tarandam Kabupaten Solok.

” Perjalanan kemajuan daerah ke aarah yang lebih maju adalah satu hal yang wajib kita laksanakan. Tidak hanya pembangunan infrastruktur, namun juga melakukan pembangunan sektor sosial kemasyarakatan. Ini salah satunya menjamin kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan,” sambut Medison.

Dirinya juga turut mengapresiasi Disdukcapil Kabupaten Solok dibawah komando Ricky Carnova dalam menjalankan kinerja Disdukcapil. Kesempurnaan program dan inovasi yang terus dilakukan, hingga meminimalisir kesalahan hingga ke tingkat masyarakat melalui evaluasi berkelanjutan di setiap bidang tugas.

” team work seperti ini harus terus dipertahankan dan kalau bisa terus ditingkatkan. Keberhasilan sebuah daerah akan terlihat dari terciptanya sebuah kemudahan dalam pengurusan administrasi, termasuk administrasi kependudukan yang menjadi peran penting dalam sendi kehidupan masyarakat, ” tutupnya.

Terpisah, Kadis Dukcapil Kabupaten Solok Ricky Carnova kepada media menyampaikan apresiasi atas kehadiran Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Handayani Ningrum ke Kabupaten Solok.

“ini merupakan sebuah kehormatan besar bagi kami dan daerah Kabupaten Solok atas ditunjuknya menjadi tuan rumah dalam Rakor Disdukcapil se Sumatera Barat. Dan sekaligus motivasi bagi kami untuk terus melakukan inovasi dan terobosan baru kedepannya, ” ucap Ricky.

Dia turut meminta agar pihak pemerintahan di tingkat nagari untuk terus berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil untuk lebih aktif melaporkan soal data dan administrasi kependudukan guna lebih memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi.

” seperti perekaman awal, akta meninggal maupun melahirkan. Kita ingin administrasi kependudukan ini selesai di awal, ” tutupnya.

Dalam pertemuan tersebut turut dilakukan, penandatanganan kerjasama dengan pihak PT. Pos Indonesia dalam hal distribusi berkas administrasi kependudukan. Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan 13 orang bidan praktek mandiri dalam hal pencatatan awal kelahiran, dan data pendukung lainnya untuk sektor kesehatan. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *