Jurnalis

Tujuh Jurnalis Resmi jadi Anggota Baru AJI Padang

Padang, PilarbangsaNews

Sebanyak tujuh jurnalis resmi bergabung dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang setelah dikukuhkan menjadi anggota baru, Minggu (17/9/2023) di kawasan perkemahan Sungai Lareh, Padang, Sumbar. Mereka merupakan jurnalis yang bekerja di sejumlah media yang berbasis di Sumbar dan Jakarta, serta beberapa jurnalis lepas atau freelancer.

Tujuh anggota AJI itu, Alif Ilham Fajriadi (Tribun Padang), Dharma Harisa (Langgam.id), Fatris MF (Freelancer), Habil Ramanda (Freelancer), Neneng Nora Hastuti (Freelancer), Lisa Septri Melina (Merdeka.com), dan Wahyu Bahar (Tribun Padang).

Menurut Koordinator Bidang Organisasi dan Kesekretariatan AJI Padang, Rizka Desri Yusfita, tujuh anggota baru itu telah melewati proses seleksi selama tujuh bulan, seperti proses administrasi, wawancara, pemantauan, rekomendasi, serta pembekalan etik dan keorganisasian AJI.
“Proses pendaftaran dimulai Maret 2023, ada 13 orang yang mendaftar. Lalu setelah berbagai proses dan ditetapkan dalam rapat anggota, tujuh jurnalis inilah yang dinyatakan lolos sebagai anggota. Dengan tambahan ini anggota AJI Padang kini 44 jurnalis,” ujar Rizka.

Dalam pengukuhan, Ketua AJI Padang Aidil Ichlas mengatakan tujuh jurnalis itu telah punya hak dan kewajiban yang sama dengan jurnalis lain yang telah dulu bergabung dengan AJI. Aidil juga berharap kehadiran mereka bisa menambah kekuatan organisasi profesi itu. “Selamat kepada kawan-kawan yang sudah resmi sebagai anggota AJI Padang. Kita berharap kawan-kawan bisa menambah kekuatan AJI untuk terus memperjuangkan tripanji AJI, yaitu mengawal kemerdekaan pers, menjaga profesionalisme dan memperjuangkan kesejahteraan jurnalis,” ujar Aidil.

Anggota baru AJI Padang Dharma Harisa mengapresiasi kembali dibukanya penerimaan anggota AJI, sehingga harapannya untuk bisa mendapatkan banyak ilmu di bidang jurnalistik terwujud.
“Saya berharap AJI Padang terus memberikan banyak ilmu di bidang jurnalistik dan ilmu lainnya. Di awal bergabung ini, saya berharap bisa menjadi harapan untuk AJI Padang lebih tumbuh dan berkembang,” tutur Haris.

Hal senada juga disampaikan Anggota baru Aji Padang, Lisa Septri Melina. Ia berharap bergabung dengan AJI Padang menjadi pilihan yang terbaik untuk dia ke depannya dalam berkiprah di dunia jurnalistik.
“Saya berharap dengan masuk AJI Padang ini dapat meningkatkan serta memperluas wawasan saya tentang jurnalistik dan juga dapat menjaring relasi yang baik antara sesama anggota AJI Padang dan juga jurnalis-jurnalis lain yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Pengukuhan anggota AJI Padang dilaksanakan selama dua hari dalam bentuk kemah bersama, yang juga diisi dengan sejumlah pembekalan, diskusi dan malam keakraban. Pembekalan disampaikan oleh Ketua Majelis Etik AJI Padang dan ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Nasional AJI Hendra Makmur, Anggota Majelis Pertimbangan Organisasi AJI Padang dan Pengurus Nasional Bidang Ketenagakerjaan AJI Yuafriza, serta Koordinator Bidang Gender, Anak dan Kelompok Marjinal AJI Padang, Novia Herlina. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *