Politik

Hadiri Haul KH Ma’shum Lasem Anas Berdiskusi dengan Gus Baha

Rembang, PilarbangsaNews.com,–

KETUA umum Partai Kebangkitan Nusantara atau PKN Anas Urbaningrum menghadiri haul KH Ma’shum Ahmad di Pondok Pesantren Al Hidayah, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Disana, Anas juga sempat berdiskusi dengan ulama asal Rembang lainnya seperti K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim, atau lebih dikenal sebagai Gus Baha.

“Mas Anas Urbaningrum hari ini menghadiri Khaul KH Ma’sum Lasem dan berdiskusi dengan Gus Baha,” kata Sekjen PKN Dr Sri Mulyono, Kamis 21 September 2023.

Menurut Mulyono, acara khaul KH Ma’shum Ahmad dihadiri sejumlah ulama dari berbagai daerah dan tokoh NU Jawa Tengah.

“Acara Khaul dihadiri KH Ubaidillah Fakih Langitan, Ketua PWNU Jawa Tengah, KH Bahaudin Nursalim ( Gus Baha’) dan sejumlah tokoh NU lainnya,” urai Mulyono.

Dikatakan, Mulyono, acara Khaul tersebut dilakukan di Maajid Jami’ Lasem dimana KH Ma’sum dimakamkan Disampingnya.

“Khaul mbah Ma’shum dihadiri sekitar 5000 santri dari berbagai penjuru,” demikian Mulyono.

Diketahui, KH. Muhammadun atau yang biasa dipanggil dengan KH. Ma’shum atau Mbah Ma’shum merupakan anak bungsu dari pasangan KH. Ahmad dan Qosimah.

Mbah Ma’shum lahir sekitar tahun 1868. Dua saudara Mbah Ma’shum adalah sosok perempuan, yaitu, Nyai Zainab dan Nyai Malichah. Beliau adalah pendiri pondok pesantren Al Hidayah, Lasem, Rembang, Jawa Tengah ini merupakan ayahanda dari KH. Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta, sang Rais Amm PBNU periode 1981 – 1984 M.

Silsilahnya Mbah Ma’shum masih punya hubungan darah dengan Sultan Minangkabau, bersambung hingga ke Rasulullah SAW. (TMT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *