Adat

Jhonny Tuanku Bosa XV Baminantu, Pesta Pasangan Dokter Muda Haris dan Bella Semarak

Jakarta, PilarbangsaNews

Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir. H. Jhonny ZA., M.Si “Baralek Gadang”. Anak pertamanya dr. Alkhawarizmi mempersunting gadis dr. Bella Pratiwi Anzani asal Kalianda, Lampung di Ballroom Gedung Grand Slipi Jakarta Barat, Minggu (1/10/2023).

“Tak ada kata yang paling pas selain mengucapkan rasa syukur mendalam kepada Allah SWT. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan, sanak saudara dan handai tolan dari kedua keluarga mempelai,” ujar Tuanku Bosa XV, Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat, Ir. H. Jhonny ZA M.Si kepada wartawan media ini secara tertulis, Senin (2/10/2023).

Sukses baralek ditandai dengan kehadiran Perwakilan Persatuan Rang Talu Malaysia (RTM) di Kuala Lumpur Malaysia, Brigjen Datuk Mazlan Baharudin dan Datuk Zain Azhari. Tak lupa pula hadir teman-teman Tuanku Bosa dari MARSI – Majlis Agung Raja Nusantara Indonesia seperti Pangeran Dr. Mas’ud Thoyib dari Keraton Jayakarta Adiningrat, Jakarta.

Pada acara resepsi itu mempelai pria dr Alkhawarizmi dinobatkan gelar mudo Sutan Budiman dari Kerajaan Kabuntaran Talu yang disampaikan oleh Zulfan Manti Rajo dan mendapat tepuk tangan meriah dari hadirin.

Hadir dalam acara resepsi pernikahan Ketua Gebu Minang yang diwakili Febby Dt Bangso, Ketua DPW Partai Hanura Sumbar, dan nasehat pernikahan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, SE.

Pejabat negara pusat maupun daerah serta undangan umum tampak tumpah ruah ke acara resepsi. Tampak diantaranya Anggota DPD-RI Dr. Alirman Sori, Anggota DPR-RI Nevi Zuairina, anggota DPRD Banten Moh. Bahri, S.Pdi., SH., Brigjen Agus Haryono.

Undangan lainnya Kajari Pasbar Dr. M. Yusuf Putera, MH., mantan Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno, Ketua Umum IKPB Jaya Gontam Yusuf SE, MM., Ketua Umum Himpunan Keluarga Batang Kapas Bakri Maulana, SE, MP., dan perwakilan pengurus IKWAL Jakarta.

Tuanku Bosa XV Raja Kabuntaran Talu Pasaman Barat Jhonny ZA didampingi istri tercinta Hj Suriani, S.Tr, Keb pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi Ansharullah SP, Tuanku Abdul Fatah Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung-Darul Qarar dr. H. Sultan Muhammad Farid Thaib, Ketua Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) Prof. Dr. Ir. Yudi Yulius MBA, Dirlat Kodiklat TNI Brigjen. TNI-AD Khairul Anwar SH, M.Tr., Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, SIK.MM., Kasepuhan Perdikan Majan Dr. Raden Moh. Ali Sodik, M.PDI MH., Anggota DPR-RI Andre Rosiade, Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo Ginanjar Cahya Permana, SH.MH., Perwakilan Majlis Agung Raja Nusantara Indonesia (Marsi) serta semua dunsanak yang datang dari Medan, Sumbar, Jambi, Riau dan Bangka Belitung.

Proses “Baralek Gadang” selain sambutan Wakil Bupati Pasaman Barat yang diberikan kehormatan untuk mewakili kedua mempelai, juga sambutan Datuk Zain Azhari (Putera Datuk Mazlan) mewakili tokoh Persatuan Rang Talu Malaysia.

Mengawali prosesi acara, sesudah ucapan selamat datang dan tari pasambahan, diadakan “serak sumandan” salah satu prosesi adat acara resepsi perkawinan di Talu berupa menunggu kedatangan marapulai (pengantin pria) di rumah anak daro (pengantin perempuan) yang sudah diramaikan oleh para tamu dan undangan.

Marapulai dan anak daro mengenakan pakaian adat masing-masing selanjutnya berjalan memasuki rumah sambil berbimbingan tangan. Menjelang pintu masuk rumah kira-kira 10 meter kedua mempelai disambut dengan persembahan oleh janang yang disebut “serak sumandan”.

Kedua pengantin dan rombongan berhenti sejenak. Janang panginang yang sudah siap dengan peralatan “serak sumandan” terdiri dari beras mentah berkunyit yang berwarna kuning .

Dalam pesta berkumandang lagu lawas “Rang Talu” dan “Batang Siniruik” di seantero gedung karena mempelai prianya berasal dari Talu. Dan tentunya lagu-lagu Minang lainnya yang disuarakan oleh para penyanyi. (Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *