Pasaman

RSUD Lubuk Sikaping Diberi Nama RS Tuanku Imam Bonjol

Lubuk Sikaping, PilarbangsaNews

Nama rumah sakit Lubuk Sikaping yang sebelumnya bernama RSUD saat ini diberi nama Rumah Sakit Tuanku Imam Bonjol. Sedangkan rumah sakit kelas D (RS Pratama) beralih nama menjadi Rumah Sakit Tuanku Rao.

Pemberian nama tersebut merupakan hasil seminar sehari yang dilaksanakan di gedung Syamsiar Thaib, Sabtu (07/10/2023).

Bertindak selaku nara sumber dalam kegiatan seminar tersebut Prof. DR. dr. Rizanda Machmud, M.Kes.FISPH FISCM, sementara untuk moderator Kepala Bappeda Pasaman Choiruddin Batubara, SE.MM.

Hadir dalam seminar tersebut seluruh OPD di Kabupaten Pasaman, seluruh Camat se Kabupaten Pasaman, seluruh wali nagari se Kabupaten Pasaman, Bamus se Kabupaten Pasaman, KAN se kabupaten Pasaman, tokoh kesehatan dan tokoh budaya Pasaman, perantau dan tokoh pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten
Pasaman Arma Putra menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan adalah “Seminar Sehari Pembentukan Nama RSUD Lubuk Sikaping dan RS Kelas D Pasaman” dengan tema “Bersama Kita Memberi Nama Rumah Sakit”.

Pentingnya nama sebuah Rumah Sakit sesuai dengan regulasi. Latar belakang Rumah Sakit adalah integral dari satu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif),
penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat.

Berdasarkan Permenkes RI Nomor 14 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan usaha dan produk pada penyelenggaraan perizinan usaha berbasis resiko sektor kesehatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penamaan rumah sakit sebagai berikut : nilai dan norma agama, sosial budaya dan etika; Menyesuaikan dengan kepemilikkan, jenis dan kekhususannya; Larangan menambahkan kata internasional atau sebutan kata lain yang bermakna ganda : dan
Larangan menggunakan nama orang yang masih hidup.

Sekarang kabupaten Pasaman memiliki 2 (dua) rumah sakit pemerintah yaitu RSUD Lubuk Sikaping dan RSUD D Pasaman yang masing-masing belum memiliki nama sebagai identitas. Untuk itu perlu diselenggarakan seminar sehari untuk menyepakati nama RSUD Lubuk Sikaping dan RS Kelas D Pasaman.

“Seminar ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pasaman ke 78 tahun 2023,” tambah Arma.

Tujuan umum dari pemberian nama rumah sakit adalah
dengan adanya pemberian nama untuk rumah sakit umum daerah lubuk sikaping dan Rumah Sakit D Pasaman dapat memberikan identitas yang jelas sesuai dengan Permenkes No 14 Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pasaman H. Benny Utama sebelum membuka secara resmi kegiatan seminar menyebutkan, nama adalah sebuah identitas, terkait pemberian nama RSUD Lubuk Sikaping sudah lama direncanakan, bertepatan dengan momen hari jadi Kabupaten Pasaman yang 78 inilah baru bisa dilaksanakan.

Lebih lanjut Benny Utama mengatakan, butuh tanggung jawab yang besar bagi pihak rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien, untuk itu perlu kemampuan yang maksimal bagi petugas kesehatan di rumah sakit.

Hasil dari kesepakatan pemberian nama kedua rumah sakit tersebut dilakukan penanda tanganan berita acara hasil seminar oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Sekretaris Daerah Mara Ondak, Kapolres Pasaman AKBP Yudho Huntoro, Ketua Pengadilan Negeri Lubukaikaping, Kadis Kesehatan Arma Putra, Direktur RSUD dr. Yong Marzuahaili, Perwakilan Camat, Perwakilan Wali Nagari, Ketua Harian KAN Lubuk Sikaping dan tokoh masyarakat.

Sebelumya dalam seminar tersebut sempat terjadi debat yang alot, terkait usulan pemberian nama kedua rumah sakit tersebut oleh peserta seminar. Kemudian barulah disepakati nama pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Sikaping.

Disamping itu nama tokoh yang dianggap pahlawan kemerdekaan oleh masyarakat Pasaman juga diambil sebagai ganti nama Rumah Sakit Type D Rao menjadi Rumah Sakit Tuanku Rao.

Dalam kesempatan tersebut atas usulan Kapolres Pasaman yang disampaikan Benny Utama, juga disepakati pemberian nama tokoh yang berjasa di bidang kesehatan di Pasaman sebagai nama-nama ruangan di rumah sakit di dalam rumah sakit. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *