Sumbar

P3PD Latih Ratusan Aparatur Desa Gelombang 3 di Provinsi Sumatera Barat

Padang, PilarbangsaNews

Direktorat Jendral Bina Pemerintahan desa Kementrian Dalam Negeri Kembali menggelar pelatihan Aparatur Desa gelombang ke 3 di Provinsi Sumatera Barat, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 2 -5 Oktober 2023 di 6 hotel yang tersebar di kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Sebanyak 496 peserta di bagi 17 kelas dengan jumlah peserta 32 orang, pelatihan aparatur desa gelombang 3 berasal dari Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, 50 Kota, Pasaman, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya dan Kota Pariaman.

Dalam Pelatihan ini Semua peserta selain mendapatkan edukasi sesuai dengan modul, pelatih juga memberikan materi tentang kebijakan penyelenggaran pemerintah desa, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

Materi ini perlu di sampaikan supaya pemerintahan desa mampu menselaraskan seluruh kebijakan Nasional padu padan dengan kebijakan Nagari/Desa di dalam penyelenggaraan pemerintah dan mampu melakukan pengelolaan dan akuntabilas keuangan.

Materi lain yang diberikan kepada peserta adalah tentang materi Kepemimpinan dan kewirausahaan, melalui materi ini di harapkan para peserta dapat menjadi pemimpin yang amanah, melahirkan kebijakan pro masyarakat dan mampu menggali potensi alam local Nagari/Desa untuk meningkat ekonomi masyarakat di bidang kewirausahaan.

Dalam pelatihan ini materi tentang Batas desa juga di antarkan oleh pelatih supaya peserta paham tentang pentingnya batas- batas desa di lakukan di masing masing Nagari/Desa dengan tujuan tidak terjadinya penguasaan lahan oleh pihak lain demi menghindari terjadi konflik antar wilayah di sebabkan oleh masalah batas desa.

Pelatihan gelombang ke 3 di Provinsi Sumatera Barat dikunjungi langsung oleh Lutfi sebagai Direktur Fasilitasi perencanaan, keuangan dan Asset Pemerintahan Desa Direktorat Bina Pemerintahan desa Republik Indonesia dan didampingi oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat Amasrul, SH dan Kordinator Provinsi Program P3PD RMC 7 Provinsi Sumatera Barat Feri Irawan yang melihat secara langsung proses dan dinamika pelatihan di 17 kelas dan 6 hotel di Provinsi Sumatera Barat.

Direktur berpesan supaya pelatihan ini di laksanakan se optimal mungkin dengan memperhatikan Jam pelajaran dan Sub Pokok Bahasan, Mohon kepada semua pelatih supaya semua materi dan modul di sampaikan secara penuh dan tidak boleh di padatkan, semua harus sesuai dengan alur, ujar Lutfi.

Dalam ruangan kelas peserta latih, Direktur juga menanyakan kepada peserta tentang manfaat pelatihan ini, salah satu peserta mengatakan bahwa pelatihan ini penting bagi kami untuk lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang tugas dan kewajiban dalam menyelenggarakan pemerintahan desa.

Lebih lanjut beliau berpesan kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan pelatihan ini, pada kesempatan kunjungan ini sekaligus beliau mengucapkan terimakasih kepada pelatih yang telah membantu seluruh proses pelatihan ini dan meminta agar pelatih di dalam memberikan materi harus di sesuaikan dengan modul yang telah diberikan.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa Gelombang ke 3 secara serentak di laksanakan di 33 Provinsi yang ada di Indonesia, kegiatan pelatihan ini di rencanakan sampai pada gelombang ke 6 hingga bulan November 2023. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *