Ekonomi

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Deterjen Cair GN Aura dan DPD Suku Jambak Sedunia

Simpang Ampek, PilarbangsaNews

Gerakan Nasional Angkatan Ulama dan Rakyat (GN AURA) Korwil Sumatera bekerjasama dengan Suku Jambak Se-Dunia (SJSD) DPD Pasaman Barat mengadakan praktek produksi deterjen cair di Sekretariat SJSD DPD Pasaman Barat Simpang Ampek, yang dihadiri puluhan peserta.

Hadir dalam acara ini Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Pelaku UMKM dan Ibu Rumah Tangga. Demikian dilaporkan oleh Staf Khusus GN Aura Korwil Sumatera Raya Bundo Yusneti, saat diwawancara media melalui telpon selulernya.

Salah satu peserta yang ikut praktek produksi deterjen cair ini, H Zainir, mengatakan bahwa pelatihan UMKM seperti sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi golongan menengah ke bawah.

“Saya berharap pelatihan dan praktek seperti bisa dilanjutkan pada kelompok-kelompok pelaku UMKM khususnya di Pasaman Barat ini,” kata H. Zainir.

Ketua GN Aura DPW Sumatera Barat Yong Hendri, SH Dt. Panduko Reno menyambut baik pelatihan dan praktek produksi deterjen cair ini. “Saya berharap program ini bisa menjangkau seluruh DPD GN Aura se-Sumatera Barat nantinya, sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Minangkabau, melalui pelatihan UMKM nantinya,” katanya.

Di tempat terpisah Salman Sutan Mudo Ketua Umum DPP Suku Jambak Se-Dunia (SJSD) menanggapi positif acara tersebut. Menurutnya, salah satu program prioritas DPP SJSD adalah meningkatkan ekonomi kerakyatan, terutama para anggotanya, baik yang di ranah (Minangkabau) maupun yang ada di rantau. “Kami sekarang sedang fokus dengan bermacam-macam pelatihan UMKM nantinya,” ujar Ketum Salman Sutan Mudo.

DR. Drs M Sayuti Dt Rajo Pangulu, M.Pd Penasehat GN Aura DPW Sumatera Barat sekaligus sebagai akademisi (dosen) dan mantan Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) menyambut baik pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh Suku Jambak Se-Dunia (SJSD) DPD Pasaman Barat ini, karena untuk meningkatkan Ekonomi masyarakat Minangkabau salah satunya melalui pelatihan.

“Mari kita saling bekerja sama demi meningkatkan ekonomi masyarakat. Kamipun juga akan membuat pelatihan ekonomi kerakyatan di Jorong Koto Panjang, Nagari V Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung pada hari Jumat 20 Oktober 2023 nantinya. Kami akan menghadirkan narasumber Yenni Asrita Ketua GN Aura DPD Kota Solok,” ujar DR. Drs M Sayuti melalui telpon selulernya. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *