Pessel

Masyarakat Peduli Pembangunan; Anggota DPRD Pessel Harus Laksanakan Fungsi Pengawasan Terhadap Proyek Bermasalah

PESSEL, PilarbangsaNews.com,– Seorang warga yang sangat peduli terhadap kwalitas pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan, Hendri Syahputra mengingatkan agar anggota DPRD Pesisir Selatan melaksanakan fungsi pengawasan terhadap proyek-proyek bermasalah yang baru-baru ini mencuat ke permukaan.

Hendri mendesak anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di daerah pemilihan (dapil) tersebut untuk segera bertindak dan mengambil langkah-langkah tegas.

Ia juga meminta, agar anggota DPRD yang bersangkutan untuk memanggil pihak-pihak terkait dalam proyek-proyek ini, termasuk rekanan kontraktor, dan memberikan teguran tegas terkait pelaksanaan proyek yang tidak sesuai bestek.

Selain itu, ia juga mendesak anggota DPRD untuk memerintahkan pihak eksekutif ( Pemkab Pesisir Selatan) memberikan sanksi kepada rekanan kontraktor yang terbukti melakukan pelanggaran.

“Ada beberapa proyek yang dikerjakan asal jadi, belum lama selesai proyeknya sudah bermasalah, kami mendesak anggota DPRD untuk tidak hanya memberikan perhatian, tetapi juga bertindak. Masyarakat membutuhkan tindakan tegas untuk memastikan proyek-proyek dibangun dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana publik. “Kami ingin melihat dana publik digunakan dengan bijak dan hasil pekerjaan yang memadai. Anggota DPRD harus memastikan bahwa proyek-proyek di dapilmya memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat,”tandasnya.

Kepada media oline RelasiPublik.com, Senin (23/10/2023) Hendri Syahputra menyampaikan prihal pelaksanaan pembangunan Jalan Lingkung Nagari Air Haji Barat dan Jalan Lingkung Nagari Sungai Sirah Air Haji yang bersumber dari Dapil Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Proyek Dinas Perkimtan Sumbar tahun 2023 itu mengalami kerusakan yang cukup serius. Seperti terlihat dalam foto diatas. Jalan yang diaspal kini kondisi aspalnya sudah tak kelihatan lagi.

Terkait kondisi proyek itu pernah diberitakan oleh media Online Relasipublik dengan judul “Dua Proyek Jalan Perkimtan Sumbar Kembali Dapat Sorotan, Sedikitnya 8 Titik Patahan Picu Kerusakan Berat”.

Selain itu, Hendri juga menyampaikan terkait proyek yang baru selesaikan dikerjakan pada akhir 2022 lalu. Proyek Perkimtan Sumbar, yang juga berasal dari Dapil Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Muchlis Yusuf Abit, ST.MM itu kondisinya sangat memprihatinkan.

Sebagaimana berita bulan lalu,” Belum Lama Selesai, Rabat Beton Jalan Sungai Sirah Air Haji Tergelupas”, Masyarakat kecewa, bahwa pelaksanaan perkerjaan tidak seperti yang diharapkan diharapkan .
Lebih lanjut Hendri berharap agar pihak terkait segera melakukan peninjauan kelapangan untuk mengevaluasi langsung kondisi proyek tersebut, sehingga dapat mengambil kesimpulan, untuk langkah kedepannya.
Jika ditemukan tindakan ilegal atau penyalahgunaan dana, maka kepada pihak terkait harus berani bertindak tegas dan mendukung proses hukum serta memastikan bahwa pelaku ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, ujar Hendri. (Anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *