Pessel

Pimda Aisyiah Pessel Adakan Pengajian Gabungan Aisyiah se Sumbar di Masjid Baiturrahman Painan

Painan, PilarbangsaNews.com,— Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Pesisir Selatan Dra.Hj.Nasrida mengadakan pengajian gabungan Aisyiah se Sumatera Barat di Masjid Akbar Baitulrahman Painan, Minggu 22 Oktober 2023

Dalam pengajian gabungan Aisyiah tersebut dihadiri oleh Bupati Pessel yang diwakili oleh Asisten 3 Ibu Emirza Siswati, SE MM, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Drs. Zaitul Ikhlas Saan, M. Si, Pimpinan Wilayah Aisyiah Provinsi Sumatera Barat DR. Surhaini, M.Pd, Pimpinanan Daerah Muhammadiyah Pessel H.Aprizal. M.Pd, Pimpinan Aisyiah Muhammadiyah se Sumatera Barat serta semua ortom yang ada di Pesisir Selatan.

Sebelum acara pengajian gabungan di mulai diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang di bacakan oleh Yuliarti, S. Pd.I
Selanjutnya acara dimulai dengan sambutan – sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Pessel yang disampaikan oleh Dra.Hj Nasrida dalam sambutannya Hj. Nasrida menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang hadir bilamana dalam pelayanan dan sambutan kami kurang berkenan bagi Bapak dan Ibu-ibu sekalian kami atas nama PDA Muhammadiyah Kabupaten Pessel sebagai tuan rumah penggajian gabungan ini kami minta maaf yang sebesar – besarnya dan juga ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensuport acara ini, semoga acara ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pessel H. Aprizal, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kepada hadirin yang hadir, ” pada hari ini bertepatan dengan hari pasantren dan saya memperingati hari pasantren bersamaan dengan pengajian gabungan hari ini, kami atas nama ketua PDM Kabupaten Pessel mohon maaf yang sebesar – besarnya ” kok datang ndak ta songsong, kok tibo ndak ta layani rela jo maaf kami mintak” dan juga kami doakan semoga Bapak dan ibu – ibu Aisyiah selamat sampai ke tujuan dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga.

Seterusnya sambutan di sampaikan oleh Bupati Pessel yang diwakili oleh Asisten 3 Ibu Emirza Susanti, SE, MM menyampaikan kepada hadirin yang hadir, bahwa Muhammadiyah merupakan sebuah organisasi besar semoga organisasi ini dapat memberikan kontribusi kepada daerah, sekarang ini kita sedang mendapat bencana yaitu kabut asap yang cukup tebal, oleh karena itu, ini merupakan tanggung jawab kita semua, untuk mengurangi bahaya dari kabut asap tersebut mari mengunakan masker bilamana keluar rumah, dan juga imbauan kepada semua masyarakat untuk mengurangi pembakaran sampah disamping itu kita sekarang ini banyak masalah di bidang pendidikan, yang mana kualitas pendidikan kita sangat menurun dan hampir diseluruh wilayah, dan juga terjadi penggeseran akhlak dan moral yang terjadi pada anak – anak kita, pendidikan anak merupakan tanggung jawab kita bersama, sebentar lagi kita akan mengadakan pesta demokrasi oleh karenya mari kita jaga keamanan dan ketentraman, jangan sampai terjadi benturan antara sesama kita, oleh karena itu organisasi muhammadiyah akan berperan debagai prizer atau pendingin ditengah – tengah masyarakat kita, kata ” Emirza” sambil mengajak kepada semua hadirin yang hadir dari berbagai kota dan kabupaten untuk pergi ke tempat objek wisata yang ada di Pessel, biasanya orang kepessel kalau belum kecarocok painan ataupun ke kawasan mandeh di tarusan rasanya belum menikmati ke indahan kabupaten Pesisir Selatan, sambil mengakhiri sambutannya.

Selanjutanya sambutan disampaikan oleh ketua Pimpinan Wilayah Aisyiah Provinsi Sumatera Barat Ibu DR. Surhaini, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan program dan kegiatan Aisyiah kepada hadirin yang hadir, pengajian merupakan bagian dari kegiatan Aisyiah, “kata Surhaini” disamping itu Pimpinan Wilayah Aisyiah Provinsi Sumatera Barat menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan minuman teh dan sekaligus penanda tanganan MoU, Surhaini menyampaikan kepada hadirin yang hadir amal usaha yang dimiliki oleh Aisyiah Provinsi Sumatera Barat dan proses perjalanannya.

Selanjutnya acara puncak pengajian gabungan yang akan disampaikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Sumatera Barat Drs. Zaitul Ikhlas Saan, M.Si dengan tema “Perluasan Dakwah Berkemajuan untuk Menwujudkan Warga Aisyiah yang Berakhlakul Karimah”

Zaitul Ikhlas menyampaikan kepada semua hadirin yang hadir bahwa pengajian kita hari ini adalah pengajian tingkat pimpinan Muhammadiyah, dalam pengajian ini ada dua pendekatan yang kita bahas diantaranya pendekatan geografis dan demokrafis, “kata Zaitul Ikhlas luas Sumatera Barat lebih kurang 43 ribu Km lebih dan jumlah penduduknya lebih kurang 5.664.000 jiwa dan banyak problem yang terjadi, ini semua merupakan bagian dari problem Aisyiah mulai dari provinsi sampai ketingkat ranting, sebagai contoh persoalan pendidikan masyarakat Sumbar 26.parsen berpendidikan dasar, SMA 1,7 juta dan 7,8 parsen yang sampai kependidikan tinggi dan banyak lagi persoalan yang kita hadapi dan bagaimana caranya Aisyiah memberikan solusinya, “kata Zaitul Ikhlas” dan apa program dan konsep Aisyiah kedepan dan apa solusinya, sambil metutup ceramahnya. (Alp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *