Sumatera Utara

Plt Bupati DS HM Ali Yusuf Siregar Bantu Korban Banjir di Tanjung Morawa

Deli Serdang, PilarbangsaNews

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar meninjau dan memberikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga terdampak banjir di Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa, Selasa (14/11/2023).

Dijelaskan Plt Bupati di Desa Tanjung Morawa B, sedikitnya ada 30 rumah warga terdampak banjir. Berdasarkan laporan Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa SSTP MAP, kata Plt Bupati lagi, Pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa telah mendirikan posko kesehatan dan dapur umum. Selain itu, Dinas Sosial juga telah menyalurkan bantuan logistik dan lainnya.

“Ini adalah salah satu upaya melihat apa yang harus kita lakukan. Untuk memikirkan bagaimana masyarakat dengan kondisi seperti ini jangan sempat makan pun tidak bisa,” tegas Plt Bupati.

Plt Bupati berharap Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya untuk melakukan upaya-upaya yang bisa meringankan beban masyarakat, khususnya warga terdampak banjir.

“Jadi harapan kita nantinya melalui Kadis SDABMBK beserta Kepala OPD lainnya untuk melihat sejauh mana sebenarnya, dan apa yang harus kita lakukan. Upaya-upaya apa untuk meringankan beban warga yang terkena musibah banjir ini, seperti memastikan kondisi parit ataupun saluran irigasi lainnya untuk ditindaklanjuti agar genangan air bisa menurun,” ucap Plt Bupati.

Dalam hal ini juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terus berusaha agar masyarakat, khususnya yang terdampak banjir tidak terkena penyakit.

Plt Bupati mengimbau masyarakat agar selalu waspada atas cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Terlebih lagi, cuaca ekstrem dan banjir kerap terjadi hampir setiap tahun.

“Seperti tadi malam, hujan berkepanjangan turun sekitar jam dua malam. Seperti yang terjadi di desa ini, volume air meluap hingga menggenangi rumah warga 1,5 meter. Karena ini setiap tahunnya sering terjadi, supaya masyarakat berhati-hati ketika curah hujan tinggi atau berkepanjangan agar dapat mengantisipasi atau mengungsi sementara ke tempat lebih tinggi,” imbau Plt Bupati.

Perlu diketahui, akibat hujan deras yang terjadi dini hari tadi, sebanyak 216 warga Desa Tanjung Morawa A dan B dievakuasi dari rumah masing-masing karena ketinggian air mencapai 1,5 meter. Selain itu, banjir juga terjadi di Dusun 12, Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, dengan ketinggian air juga sekitar 1,5 meter.

Hadir pula dalam peninjauan tersebut, Kapolresta Deli Serdang, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK, Kadis Sosial, Kepala Dinas SDA BMBK, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BPBD, Camat Tanjung Morawa, beserta unsur Muspika, Kepala Desa dan lainnya. (Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *