Pendidikan

MAN 2 Kota Padang Tuan Rumah Peringatan HGN Tahun 2023 Tingkat Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang tuan rumah upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Ini merupakan kesekian kalinya madrasah tersebut menjadi penyelenggara hajatan besar tahunan Kanwil Kementerian Agama Sumbar.

HGN digelar, Sabtu (25/11/2023) dilapangan basket kampus madrasah. Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, Miswan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia menaiki panggung kehormatan sekitar pukul 07.40 WIB.

Kemudian pemimpin upacara Zulfikri guru TIK MAN 2 Kota Padang melakukan penghormatan dan laporan. Terlihat peserta upacara mengikuti aba-aba yang diucapkan komandan upacara.

Setelah itu, acara puncak pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) MAN 2 Kota Padang. Fazilla Ayumi Putri yang merupakan siswa kelas X 11 menjadi pembawa baki bendera merah putih.

Sementara itu, tiga lainnya dari tim 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera, yaitu Fattan M.Jamal kelas X 8 sebagai penggerek dan Imanuddin Haramain (X 1), sementara Kelvin Febrino Indrifa (X.10) sebagai pengibar bendera.

Usai pengibaran bendera, Miswan memimpin mengheningkan cipta yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila. Kemudian Nurfadhillah Arief guru fiqih MAN 2 Kota Padang melakukan pembacaan pembukaan UUD 1945.

Berakhir pembacaan UUD 1945, Vivi Gustirina dari MTsN 6 Padang membacakan kode etik guru, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Panca Prasetia Kopri oleh Afdhanil Haq Isma guru MIN 3 Padang. Usai amanat, acara ditutup pembacaan doa oleh Kamarul Zaman guru MTsN 2 Padang.

Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, Miswan dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas. Ia menyampaikan bahwa guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat.

“Guru adalah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” kata Miswan membacakan amanat menteri agama.

Disampaikannya, saat ini tantangan guru kian kompleks. Guru harus memikul tanggung jawab membentuk generasi yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) menjadikan guru harus terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak yang mumpuni dalam merespon isu global.

“Kemenag telah dan akan terus mengambil langkah signifikan memfasilitasi peningkatan kompetensi guru. Kemenag juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru,” ujar Miswan.

Pelaksanaam upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Terlihat para ASN berbaris teratur dibalut pakaian adat Nusantara. Seluruh peserta, baik guru/pegawai dan siswa serta tamu undangan mengikuti upacara dengan khusyuk. Upacara bendera berlangsung sukses dan penuh khidmat.

Hadir dalam upacara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah, Hendri Panidias, Kakankemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi, sejumlah sub koordinator kanwil, para Kasi dilingkup kemenag Kota Padang, kepala Madrasah dan ASN Kemenag Kota Padang. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *