Wakil Rakyat

21 Keltan di Tanah Datar dapat Bantuan Alsintan dari Arkadius Dt Intan Bano

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano menyerahkan bantuan Alsintan untuk beberapa kelompok tani (keltan) di Tanah Datar, di Kantor BPP Cubadak, Tanahdatar, Rabu (13/12/2023).

“Sore ini, kita menyerahkan bantuan Alsintan untuk sebanyak 21 kelompok tani dengan harapan dapat mempermudah masyarakat mengolah laham pertanian,” kata Intan Bano.

Alsintan tersebut berupa alat potong rumput untuk 9 kelompok tani, cultivator untuk 5 kelompok tani, TR 26,5 PK capung metal untuk 5 kelompok tani dan TR 26,5 PK untuk 2 kelompok tani, tambahnya.

Turut mendampingi Arkadius Dt. Intan Bano Kasubag TU UPTD Balai Mekanisasi dan Sarpras Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Masri J dan Wasekjen DPP Demokrat Imelda Sari, Caleg Demokrat Dapil II Heni Sari, Caleg Demokrat Dapil IV Lisda, Caleg Demokrat Dapil II Irdawati dan Dapil IV Supadria.

Ia juga katakan, sangat banyak yang mengajukan bantuan kelompok. Namun kita harus mendahulukan yang sudah lebih awal memasukan proposal.

Arkadius menyebitkan, 10% APBD Provinsi Sumbar digunakan untuk bidang pertanian.”Bantuan pertanian sangat banyak ragamnya, gunakan bantuan ini dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan produksi pertanian,” katanya.

Bersama Dinas terkait Intan Bano akan mengembangkan beberapa jenis tanam bawang, yang akan berdampak bagi perkembangan perekonomian masyarakat tani khususnya di Tanahdatar.

48 % pupuk sudah dianggarkan, cuma bisa digunakan 22%. Hal ini disebabkan karena petani tidak menggunakan pupuk tepat sasaran.

Dinas Pertanian Sumbar Masri J berharap penerima manfaat dapat menggunakan alsintan dengan baik.

“Bantuan alat pertanian ini tidak bokeh diperjual belikan atau dipindah tangankan, bila dijual akan berurusan dengan hukum,” katanya.

Rawatlah bantuan alat pertanian sesuai petunjuk teknis, pungkasnya.

Imelda Sari dikesempatan itu sangat apresiasi Arkadius Dt Intan Bano dalam penyerahan bantuan alsintan. Semoga bantuan ini bermanfaat dan mempunyai nilai guna tinggi dalam membantu masyarakat.

Sebelumnya beberapa waktu lalu dirinya juga sudah membantu penyebaran pupuk bersubsidi ke masyarakat.

“Semoga hasil pertanian bisa meningkat,” katanya.

Dirinya berharap masyarakat bisa kembali memberi kepercayaan pada Arkadius Dt. Intan Bano. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *