Polri

Rektor Unimed : Paparan Akhir Tahun 2023 Kapoldasu Merupakan Data Akademis

Medan, PilarbangsaNews

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam refleksi akhir tahun 2023 memiliki corak tersendiri dan sangat menarik dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, seperti hadirnya Kasdam I/BB, Rektor UMSU, Rektor Unimed, Ketua FKUB, Ketua Bawaslu Sumut, Ketua Ombudsman Sumut, pimpinan media, Kompolnas, Komnas Perlindungan Anak Sumut, Conten Kreator Medan, Sultan Deli dan lainnya.

Refleksi akhir tahun ini mengambil tema “Review 2023 dan Outlook 2024 Bersandar kepada Polri dalam Perlindungan, Pelayanan dan Penegakan Hukum” yang dilaksanakan di Aula Tri Brata Mako Polda Sumut, Jum’at (29/12/2023).

Kapoldasu dalam penyampaiannya mengatakan, dalam kasus pengungkapan kejahatan kekayaan negara berhasil menyelamatkan kekayaan negara sebesar Rp310,18 miliar dari berbagai kasus, yakni 14 kasus korupsi Rp60 miliar, 12 kasus penyalahgunaan subsidi Rp2,33 miliar, kasus pencurian listrik Bitcoin Rp19,7 miliar dan membantu Satgas BLBI dalam melakukan kegiatan penguasaan 7 titik aset properti eks BDI, eks BPPN, eks BLBI senilai Rp228,15 miliar.

Mengenai kasus kejahatan terhadap nyawa dan tubuh yang tertinggi kasus penganiayaan sebanyak 6.746 kasus, selanjutnya KDRT 1.220 kasus, Curas 748 kasus, kekerasan seksual 288 kasus, pencabulan 256 kasus, penelantaran 83 kasus, dan pembunuhan 24 kasus.

Dalam kasus narkoba yang berhasil diamankan ada 1.250 orang pemakai dan 5.177 orang jaringan/pengedar maupun bandar. Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu pil ekstasi 161.644 butir, Sabu-sabu 1.111,3 Kg, ganja 2.248,3 Kg, dan ladang ganja seluas 155 hektar yang terdiri dari beberapa titik lokasi dengan jumlah pohon sebanyak 395.063 batang.

Kapoldasu menghimbau dan mengajak kepada seluruh lapisan agar Narkoba menjadi musuh utama, musuh bersama. “Dari sekian banyaknya tersangka tindak pidana penyebabnya dikarenakan Narkoba,” kata Kapoldasu.

Menurut para narasumber nadanya hampir senada yakni suksesnya kinerja Poldasu beserta jajaran dengan kondisi Sumatera Utara yang terasa semakin aman dengan menurunnya angka tindak kejahatan.

Salah satu narasumber Rektor Unimed mengatakan paparan yang disampaikan Kapoldasu ini merupakan data akademis yang layak untuk dibawa, diberikan kepada para mahasiswa/i sebagai menambah wawasan/ilmu maupun sebagai pembelajaran di kampus.

Lain halnya seorang Content Kreator yang juga sebagai narasumber mengatakan, baru kali terjadi Conten Kreator diajak dalam paparan di Poldasu. “Kalau bisa pihak Poldasu merangkul para Conten Kreator agar bisa meminimalisir conten-conten yang hoax, sara dan lainnya,” katanya.

Paparan diakhiri dengan foto bersama dengan suasana yang tertib dan lancar. (Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *