Pemilu 2024

Drs. Suherman, M.Si Caleg DPRD Sumbar Dapil Agam-Bukittinggi ; Kritisi IKK Lubuk Basung yang Belum Maksimal

Lubuk Basung, PilarbangsaNews

Kolonel (Purn) Drs. Suherman, M.Si menyebutkan bahwa performa Ibu Kota Kabupaten (IKK) Agam di Lubuk Basung perlu ditingkatkan lagi sehingga benar-benar bisa mencerminkan pergerakan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Agam.

“Ibu Kota Kabupaten itu sebenarnya merupakan etalase dari pembangunan sebuah Kabupaten, orang akan lihat Kabupaten Agam itu dari ibu kotanya,” kata Suherman yang pernah menjadi menjadi anggota Fraksi ABRI di DPRD Agam semasa Bupati Aristo Munandar.

Suherman yang juga Wakil Ketua Dewan Harian Daerah Angkatan 45 Sumbar itu menyebutkan Pemerintah Kabupaten Agam bersama DPRD mesti merumuskan lebih konkret lagi pembangunan Ibu Kota Kabupaten. Fasiltas umum sebagaimana layaknya sebuah kota, mesti semakin terlihat hendaknya di Lubuk Basung.

“Harapan yang terkandung dari para pemrakarsa dan pencetus Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam adalah bagaimana menjadikan Lubuk Basung sebagai sebuah pusat pertumbuhan baru di Agam wilayah Barat. Karena itu para pendahulu berjuang keras ke tingkat pusat untuk memindahkan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung,” kata Suherman yang kini maju menjadi Caleg DPRD Sumbar Dapil Agam dan Bukittinggi dari Partai Demokrat.

Kini, kata dia sudah berlalu 30 tahun sejak Lubuk Basung resmi menyandang fungsi sebagai Ibu Kabupaten Agam sejak 19 Juli 1993, tidak terlihat signifikansi perubahan Lubuk Basung. “Ini memerlukan pemikiran bersama, perjuangan bersama bagaimana performa sebuah ibu kabupaten dapat menjadi etalase pembangunan keseluruhan wilayah Kabupaten Agam,” kata Suherman dalam percakapannya dengan wartawan di Padang.

Suherman memahami bahwa percepatan pembangunan terutama melengkapi infrastruktur kota di Lubuk Basung tentu butuh anggaran yang besar di tengah keterbatasan anggaran yang ada dalam APBD Agam. Upaya yang mesti dilakukan menurutnya bagaimana Pemkab Agam merangkul para legislator dari Agam baik yang ada di tingkat Kabupaten, di DPRD Provinsi sampai yang ada di DPR RI.

Suherman sendiri mengatakan seandainya ia nanti terpilih sebagai Anggota DPRD Sumbar tentu upaya-upaya itu akan dia kerjakan. “Yang terpenting bagaimana semua tokoh Agam baik di DPRD Sumbar maupun di DPR RI bersama-sama berjuang untuk Agam ini,” kata Suherman. (zl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *