Pendidikan

MAN 2 Kota Padang Gelar Ujian Kompetensi Keagamaan 2024

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang mulai menggelar Ujian Kompetensi Keagamaan (UKK) bagi siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024. UKK digelar untuk mengukur kemampuan siswa pada bidang literasi keagamaan.

“UKK bertujuan untuk melihat kemampuan keagamaan siswa, ini supaya siswa siap pakai ditengah masyarakat,” kata Akhri Meinhardi, Senin (22/01/2024) saat membuka UKK di Hall Umar bin Khattab kampus madrasah tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa UKK itu sendiri merupakan program unggulan madrasah yang dipimpinnya. Akhri Meinhardi melihat, sejauh ini belum ada kegiatan serupa di madrasah atau sekolah lainnya.

“Ini merupakan program unggulan MAN 2 Kota Padang yang sudah bertahun-tahun kita laksanakan yang mungkin tidak ada di madrasah atau sekolah lainnya,”ucap Akhri Meinhardi.

Ia meminta siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian UKK. Menurutnya, UKK merupakan usaha madrasah dalam rangka mempersiapkan siswa untuk mengatasi kelangkaan dalam penyelenggaraan jenazah.

“Esensi UKK itu digelar untuk menjawab kelangkaan tenaga yang menyelenggarakan jenazah baik di perumahan maupun ditempat lainya, begitu juga kekurangan tenaga mubaligh, para hafidz dan hafizah,” tutur Akhri Meinhardi.

Disamping itu, Akhri Meinhardi mewanti-wanti penguji agar dalam melakukan penilaian merujuk kepada pedoman serta petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh pihak madrasah.

UKK itu sendiri akan berlangsung dari 22 sampai 27 Januari 2024. Kegiatan UKK meliputi, penyelenggaraan jenazah, pidato/khutbah dan ujian komprehensif Tahfidzul Qur’an. Selain itu, juga ada karya tulis ilmiah. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *