Wakil Rakyat

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Monitoring Bidang Kesra ke Kota Solok

Solok, PilarbangsaNews

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib melakukan Monitoring Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah Bidang Kesejahteraan Masyarakat ke SMK 1 Kota Solok, Kamis (8/2/2024).

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumbar, SMK 1 Kota Solok memiliki siswa-siswi potensial dengan disiplin ilmu yang mereka pelajari, jika terus diasah akan memberikan banyak kemajuan untuk masa depan Sumbar. Pada sekolah itu memiliki beberapa jurusan yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, teknik Komputer dan Jaringan Manajemen Bisnis.

“Tidak hanya itu, broadcasting juga ada pada sekolah itu. Sekolah ini akan terus dilihat perkembangannya agar bisa melahirkan siswa yang mampu membuka lapangan kerjas sendiri di masa depan,” kata Suwirpen.

Disisi lain dia mengungkapkan, masih banyak sekolah-sekolah yang kekurangan Sapras untuk belajar para siswa. Banyak yang harus dibenahi pada sektor pendidikan, terutama untuk SMA dan SMK yang notabene adalah kewenangan pemerintah provinsi (Pemprov).

Suwirpen menilai, pada evaluasi sebelumnya, masih didapati banyaknya anak-anak SMA atau SMK yang tidak mendapatkan tempat pada sekolah-sekolah yang dianggap layak, hal itu harus menjadi perhatian semua pihak.

“Jadi peningkatan SDM untuk menuju Sumbar Emas 2045 tidak terlepas dari sektor pendidikan perlu menjadi perhatian maksimal,” katanya.
Di sisi lain, Suwirpen juga menyinggung perihal kelangsungan Perguruan Tinggi (PT) di Sumbar.

Menurutnya, PT harus kembali ke masa jaya dulu, dimana banyak orang-orang Indonesia yang belajar ke Sumbar. Secara keseluruhan untuk dunia pendidikan Sumbar, DPRD telah mengalokasikan anggaran total 20 persen dari total APBD, namun mayoritas alokasi tersebut banyak digunakan untuk operasional atau gaji tenaga pendidikan.

Suwirpen menekankan bahwa peningkatan SDM menuju Sumbar Emas 2045 tidak terlepas dari optimalnya sektor pendidikan. Evaluasi sebelumnya menunjukkan kekurangan tempat untuk siswa SMA/SMK yang dianggap layak, serta kelengkapan Sapras yang masih memprihatinkan. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *