Riau

Bawaslu Riau Gelar Media Gathering Mengawal Pemilu Damai 2024

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Dalam rangka mengawal Pemilu 2024 Damai dan Berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengundang insan pers yang biasa meliput baik dari media cetak, media online, dan media elektronik pada Senin (12/2/24).

Kegiatan yang mengangkat tema “Sinergi Media Bersama Bawaslu dalam Mengawal Pemilu Damai dan Berintegritas” tersebut merupakan salah satu upaya melaksanakan tugas pengawasan dan optimalisasi peran media dalam mengawal tahapan Pemilu 2024.

Mewakili Ketua Bawaslu Riau, Kepala Divisi Pencegahan, Humas & Parmas Amirudin Sijaya S. Pd., M.M., mengatakan bahwa peran media sangat penting sebagai bentuk pengawasan serta memberikan pendidikan berpolitik bagi masyarakat.

Mengingat diketahui, Bawaslu Riau untuk kelancaran Pemilu 2024 telah melakukan pencegahan dan pengawasan dengan merekrut beberapa puluhan ribu orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang diharapkan dapat bekerja lebih maksimal.

“Namun hal ini perlu dukungan peran serta dari media, jadi kita sangat berharap melalui pemberitaan yang faktual tentu dapat membantu memberikan pemahaman tentang penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan adil,” ujar Amiruddin.

Senada dengan hal tersebut, salah satu pemateri dari utusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau Amin mengatakan bahwa Pers merupakan Pilar Demokrasi yang ke empat sebagai kontrol sosial dalam membangun demokrasi kearah yang transparan.

“Karena hal ini telah diamanatkan serta diatur di dalam Undang Undang No 40 Tahun 1999 bahwa peran pers mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan upaya memberikan keterbukaan komunikasi dan informasi publik,” ujar Amin.

Selain itu, kegiatan menghadirkan juga nara sumber dari akademisi yakni Dr. Tito Handoko, SIP, M.Si dan terakhir ditutup dengan pengenalan lingkungan dalam penguatan kapasitas oleh Syahrul Mubaraq SIP. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *