Pendidikan

Puncak Harlah Pontren Al Muttaqiin ke-26 bersama Kompolnas RI

Pasaman Barat, PilarbangsaNews

Rangkaian semarak HUT Pontren Al Muttaqiin ke-26 tahun 2024 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba dan kreatifitas santri.

Diantaranya lomba baca kitab kuning dan cerdas-cermat. Kegiatan ini ditutup dengan tausyiah kebangsaan oleh anggota Kompolnas RI H. Mohammad Dawam, S.HI, MH di sela-sela kunjungannya ke Mapolres Kabupaten Pasaman Barat setelah kunjungan kerja di Mapolda Sumatera Barat, Rabu 7 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Pimpinan Pontren Al Muttaqiin H. Nasrullah Sudirman, Lc, M.Pd.I yang juga Ketua PCNU Kabupaten Pasaman Barat menyampaikan, selamat datang kepada Tim Kompolnas RI di Pondok Pesantren Al Muttaqiin Situmang, Nagari/Desa Salingka Muaro, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

“Kita berharap kunjungan ini banyak membawa berkah dan kemajuan di berbagai sektor, baik pendidikan maupun penegakan hukum di negeri tuah basamo ini,” pungkasnya.

HUT kali ini mengusung tema: Ulama, Pesantren dan Indonesia. Dimana peran santri dalam mengisi kemerdekaan seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Santri wajib hadir ketika negara membutuhkan.

Keikutsertaan ulama menduduki posisi strategis menjadi fardhu kifayah untuk merawat bingkai kebersamaan. “PBNU atau dalam sebutan lain Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kekuatan kita dalam merawat kerukunan berbangsa dan bernegara,” jelas Gus Dawam, sapaan akrabnya.

H. Zulfikar, Kapolsek Lembah Melintang menyampikan dalam sambutannya, bahwa wilayah hukumnya sangat luas meliputi dua kecamatan sehingga mebutuhkan perhatian khusus dalam layanan.

“Iya, kita sangat butuh penambahan personil dan Mapolsek baru guna peningkatan layanan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pemerintah kecamatan melalui Sekcam Sungai Aur, bahwa kantor Mapolsek baru sangat dibutuhkan demi tercapainya layanan yang lebih baik.

Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Pasaman Barat Buya Ishlahuddin, S.HI diamini oleh seluruh tamu undangan yang hadir, diantaranya Sekcam Sungai Aur, Walinagari Salingka Muaro, Kepala Jorong Situmang, Penghulu Adat serta tokoh masyarakat.

Turut hadir juga para Tuan Guru/Buya/Ustazd/ah dan Santri Pondok Pesantren Al Muttaqiin. Tampak hadir rombongan Polres Pasaman Barat dan Polda Sumbar. (rel/tk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *