Pendidikan

Depi Dasmal, Pangawas Satuan Pendidikan Beri Pembinaan Ratusan ASN MAN 2 Padang

Padang, PilarbangsaNews

Depi Dasmal, pengawas satuan pendidikan memberikan pembinaan bagi ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) MAN 2 Kota Padang. Kegiatan itu digelar di Aula Abu Bakar Shiddiq, kampus madrasah tersebut, Sabtu (16/03/2024).

“Kehadiran saya disini untuk melaksanakan tupoksi kepengawasan di madrasah ini, sekaligus mempererat silaturahmi,” kata Depi Dasmal yang sejak Januari 2024 ditunjuk sebagai pengawas di MAN 2 Padang.

Ia mengatakan bahwa seluruh unsur terkait yang ada di madrasah adalah sebuah sistem yang sangat menentukan dalam peningkatan kualitas madrasah. Unsur tersebut harus berkolaborasi dalam memajukan pendidikan.

“Harus ada hubungan kolaborasi antara guru, kepala dan pengawas sesuai ruang tugas masing masing dalam memajukan pendidikan di madrasah,” sambung Depi Dasmal.

Menurutnya, sesuai paradigma konteks kepengawasan saat ini, tugas pengawas satuan pendidikan adalah untuk melayani kebutuhan akademik tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah.

Kandidat doktor ini juga menyampaikam bahwa sesuai petunjuk teknis (Juknis) penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahun 2025 mendatang, terdapat penambahan syarat untuk pencairan TPG.

Katanya, mulai tahun 2024, guru madrasah wajib mengikuti minimal satu kegiatan pengembangan diri setiap semester, baik melalui pelatihan, seminar, workshop daring maupun luring, dengan minimal 20 JP.

“Bukti keikutsertaan dalam kegiatan pengembangan diri harus dilampirkan dan dicatat di SIMPATIKA. Hal ini menjadi syarat mutlak untuk pencairan TPG di tahun berikutnya,” ulas Depi Dasmal.

Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi menuturkan bahwa pengawas itu bukan lawan melainkan teman berdiskusi untuk bertukar pikiran, menambah wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.

“Apapun bentuk kerja yang dilakukan oleh pengawas, sifatnya adalah untuk menambah wawasan kita serta mempermudah kita bisa lebih cepat menjadi guru profesional,” bebernya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *