Seni

Sanggar Seni Tradisi Talang Sarueh Sakato Gelar Bukber, Juga Dihadiri Disparpora

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Dalam rangka menjalin silaturrahim, Sanggar Seni Tradisi Minang, Talang Sarueh Sakato Kota Payakumbuh menggelar acara Buka Puasa Bersama (Bukber) pada hari Selasa (26/3/2024) di sekretariat sanggar, Ngalau, Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. Giat Bukber ini juga sekaligus syukuran dengan telah berdirinya sanggar ini.

Bukber dan syukuran ini diikuti lebih kurang 20 orang anggota pengurus. Istimewanya, kegiatan ini juga dihadiri Eni Yulianti Ningsih (Bunda Enik) dari Disparpora.

Ketua sanggar, Deswita kepada PilarbangsaNews mengatakan, bahwa untuk kesuksesan Bukber dan Syukuran ini masing-masing personel pengurus memberikan konstrubusinya dengan membawa pabukoan dan lauk pauknya.

“Kita gotong royong menyiapkan semuanya, tidak pakai sponsor,” jelas Ita begitu panggilan akrab Deswita. Jadi di sini terlihat, ibarat kata pepatah, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang.

Sementara Sekretaris Sanggar Talang Sarueh Sakato, Melky masih pada kesempatan yang sama kepada media ini menyebutkan, kelengkapan administrasi sebuah sanggar yang diharapkan pemerintah sudah terpenuhi.

“Kita sudah punya AD/ART, Sekretariat, Akte Notaris, Surat dari Kemenkumham, NPWP, Nomor Rekening Bank, dan kepengurusan yang lengkap,” beber Melky.

“Sebagai binaan Disparpora, sanggar ini akan terus memperlihat dan membuktikan konstribusinya dalam rangka melestarikan ragam seni tradisi dan budaya minang ditengah tengah arus modernisasi di era global ini,” ulas Melky.

Pemko Payakumbuh melalui Disparpora telah dua kali mempercayakan kepada sanggar ini mengisi acara, masing-masing pada malam penutupan Bagodang dan menyambut kedatangan rombongan KPK RI beberapa bulan lalu.

Dan secara rutin dua kali dalam seminggu, Selasa dan Kamis malam sanggar ini selalu mengelar pertunjukkan saluang klasik di Lapiak Gurau Talang Sarueh, di Kawasan Ngalau Indah, Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Bukber dan syukuran ini ditutup dengan pembacaan doa yang dilafaskan oleh Antoni Dt. Mangiang anggota sanggar sendiri. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *