Ramadhan 1445 H

Mengalang Dana Mensyiarkan Malam Ramadhan, Geliat Remaja Masjid

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Peringatan Nuzul Al Quran, 17 Ramadhan ditandai dengan gelaran kegiatan-kegiatan bernafas islami yang diprakasai generasi muda di masjid dan mushalla dimanapun. Termasuk tentunya di Kota Payakumbuh.

Tradisi tahunan ini menambah sumaraknya malam bulan puasa. Dimana- mana, di masjid dan mushalla terdengar lantunan ayat suci al quran, pertanda tengah berlangsungnya lomba musabaqah tilawatil quran. Kemudian, juga ada lomba azan, cerdas cermat bernafas islam, dan lomba pildacil (dakwah cilik).

Bagaimana generasi muda tadi mengumpulkan dana untuk pembiayaan kegiatan tersebut?. Salah satu yang sering ditemui adalah menghimpun dana di jalan raya.

Meski pola ini penuh resiko karena menberhentikan kenderaan bermotor baik roda dua dan empat ditengah arus lalu lintas.

Itu salah satu cara bagi panitia mendapatkan dana ditengah -tengah kebutuhan pembiayaan yang dibutuhkan. “Kami memang menjalankan pola minta sumbangan di jalan raya, disamping menjalankan prposal,” aku Farhan ketua panitia lomba MTQ Lansia di Kelurahan Balai Jaring, Kecamatan Payakumbuh Timur

Ditemui PilarbangsaNews, Kamis (28/3/2024) di lokasi menghimpun sumbangan, ruas Jalan M.Yamin, Simpang Balai Jaring, Payakumbuh Timur, Farhan mengatakan, bahwa dirinya bersama rekan-rekan panitia lain mulai beraktifitas sore hari. “Sepuluh hingga 15 orang kami turun ke jalan. Tapi kami tetap memperhatikan keselamatan anggota dan kenyamanan pengendara saat itu,” bebernya.

Menjawab media ini, Farhan mengatakan, bahwa kegiatan mensyiarkan malam bulan Ramadhan dalam rangka peringatan Nuzul Al Quran yang bakal digelarnya adalah MTQ Tingkat Lansia.

“Yang akan kami selenggarakan adalah MTQ Lansia pada hari Sabtu( 6 /4/2024) mendatang bertempat di Masjid Akbar, Kelurahan Balai Jaring, Kecamatan Payakumbuh Timur,” ungkapnya.

Farhan berharap, generasi muda yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini bekerja maksimal. “Kepada kawan-kawan anggota panitia saya himbau untuk mengobarkan semangat demi kesukseskan acara ini,” pungkasnya sembari mengajak.(wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *